Tangani Covid-19, Setiap RW di Depok Dapat Rp 2 Juta

IUntuk mengoptimalkan program Pembatasan Sosial Kampung Siaga

Tangani Covid-19, Setiap RW di Depok Dapat Rp 2 Juta
Jl Margonda Raya, Depok. (Ist)

DEPOK - Kampung Siaga Covid-19 (KSC) untuk tingkat RW di Kota Depok, Jawa Barat akan mendapatkan anggaran operasional sebesar Rp 2 juta.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, hal ini untuk optimalisasi peran KSC untuk pencegahan penularan Covid-19.

“Pemkot Depok telah menyiapkan anggaran dengan rencana bantuan dana stimulan operasional KSC sebesar Rp 2 juta," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (12/8/2020).

Mereka yang menjadi pengurus harus meningkatkan upaya pengawasan dan penertiban terhadap pelaksanaan protokol kesehatan pada semua aktivitas yang rentan penularan.

"Mengoptimalkan program PSKS (Pembatasan Sosial Kampung Siaga) dalam upaya memutus mata rantai penularan COVID-19 pada RW yang termasuk memiliki risiko tinggi," terangnya.

Untuk mengantisipasi penularan kasus, baik melalui import case maupun transmisi  lokal, beberapa kebijakan Gusus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Depok di antaranya, telah diterbitkan surat edaran Wali Kota Depok Nomor 443/376-Huk/GT tentang protokol kesehatan bagi warga setelah melakukan aktivitas perkantoran, tempat kerja dan aktivitas lainnya di luar rumah

“Kami juga mengimbau untuk mengoptimalkan kembali peran Kampung Siaga Covid-19 (KSC) berbasis RW (rukun warga) dalam membantu upaya pencegahan penularan COVID-19,” tandasnya.(Sp)