Wahai Orang Tua, Kompaklah Dalam Mendidik Anak

Belajar mengenai cara mendidik anak bisa diambil dari sumber yang tepat

Wahai Orang Tua, Kompaklah Dalam Mendidik Anak
Bagaimanapun juga, anak tetap butuh perang kedua orang tuanya

Orang tua, yaitu ayah dan ibu, mempunyai tanggung jawab mendidik anak. Proses pendidikan anak akan terasa timpang jika kedua belah pihak kurang memiliki rasa tanggung jawab. Hal yang biasa terjadi adalah saling menyalahkan satu sama lain bila orang tua merasakan adanya perlawanan dari anak-anaknya.

Suami kerap mengatakan kepada istri bahwa sang istri tidak becus mendidik anak. Sang istri pun tak mau kalah dengan mempertanyakan kehadiran sang suami justru saat melaksanakan tugasnya yakni mencari nafkah. Perang mulut inilah yang sering terjadi dan tanpa akhir.

Benarkah cara ini bisa menyelesaikan masalah? Atau justru anak akan merasa bahwa tindakan buruknya bukan karena kesalahannya?

Keberhasilan pendidikan ada di tangan orang tua. Oleh sebab itu berhentilah untuk saling menyalahkan dan mulailah mengambil perang secara seimbang. Belajar mengenai cara mendidik anak bisa diambil dari sumber yang tepat. Jangan sesekali beralasan tidak sempat dengan berbagai pembelaan diri. Aturlah waktu sebaik mungkin. Tanamkan mindset bahwa apa pun yang terjadi di dalam keluarga, maka orang tua selalu punya andil. Sebelum menyalahkan pasangan, maka tanya pada diri kita tentang apa yang sudah kita berikan kepada anak selama ini.