KNKT Butuh 2-5 Hari Untuk Mengunduh Data FDR Sriwijaya Air SJ 182

0 24

SPcom JAKARTA – Ditemukannya Flight Data Recorder (FDR) dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182 diharapkan bisa menguak misteri kecelakaan tragis tersebut.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soejanto Tjahjono mengatakan, pihaknya memerlukan waktu untuk bisa mengunduh data-data yang ada di FDR.

“Kami mohon doa agar pengunduhan data dari FDR, antara 2 sampai 5 hari semoga lancar. Dan bisa mengungkap misteri penyebab kecelakaan,” ujarnya, di JICT 2, Selasa (12/1/2021).

Bagian black box dari Sriwijaya Air SJ 182

Menurut Soejanto, analisis data akan menjadi pembelajaran bagi kita semua agar tidak terjadi kecelakaan serupa dikemudian hari.

“Semoga CVR akan bisa lekas ditemukan. Kami yakin dengan dukungan semua kita akan menemukan CVR,” tuturnya.

Tim penyelam dari TNI AL berhasil menemukan FDR Sriwijaya Air SJ 182 sekitar pukul 16.40 WIB di sekitar Pulau Laki dan Pulau Lancang. Kemudian dengan KRI Kurau, FDR dibawa ke JICT, dan tiba sekitar pukul 18.03 WIB.

FDR sendiri bertugas untuk merekam data teknis pesawat, misalnya ketinggian, kecepatan, putaran mesin, radar, auto pilot daln lainnya. FDR bisa merekam dengan jangka waktu 25-30 jam.(SP)

Leave A Reply

Your email address will not be published.