suryapagi.com
REGIONAL

Bea Cukai Banten Bersama LPEI dan Satker Kemenkeu Kolaborasi Program PEN

SPcom TANGSEL – Kanwil Bea Cukai Banten dan Kanwil Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) Jakarta sepakat berkolaborasi untuk mendampingi, mengedukasi dan mengasistensi pengusaha khususnya UMKM untuk bertahan dalam menghadapi pandemi covid 19.

Bahkan agar UMKM dapat meningkatkan produksinya hingga ekspor kepasaran internasional. Ini adalah bagian dari rencana aksi nyata dukungan terhadap program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kanwil Bea Cukai Banten, Moh Saifuddin saat menerima rombongan LPEI, menyampaikan kolaborasi ini harus dilakukan aksi nyata. Agar secepatnya pelaku usaha dapat mengetahui dan memanfaatkann semua fasilitas yang diberikaan pemerintah, untuk pemulihan ekonomi nasional.

“Agar pengusaha benar-benar dapat mengetahui dan memanfaatkan semua fasilitas yang diberikan pemerintah baik lewat Bea Cukai maupun LPEI. Sehingga dukungan pemerintah di masa sulit seperti sekarang ini benar-benar dapat dirasakan oleh para pengusaha industri dan UMKM,” ujarnya, Senin (1/3/2021).

Kanwil Bea Cukai Banten dengan berbagai fasilitas yang dimilikinya melakukan 3 aksi nyata dalam mendukung Program PEN. Yaitu pemberian relaksasi peraturan dan insentif fiskal, Simplifikasi regulasi dan prosedur kepabeanan, dan peningkatan ekspor dan pemberdayaan IKM.

Fasilitas-fasilitas yang telah diberikan kepada pengusaha adalah fasilitas Pusat Logistik Berikat (PLB), Kawasan Berikat (KB), Gudang Berikat (GB), Tempat Penyelenggaraan Pameran Berikat (TPPB). Lalu Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE), Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil Menengah (Kite IKM), dan Fasilitas Pembebasan Etil Alkohol (EA).

“Secara garis besar fasilitas-fasilitas tersebut berkaitan dengan pembebasan/penangguhan Bea Masuk bahan baku dan/atau bahan penolong untuk industri dan UMKM yang ditujukan untuk ekspor,” tandasnya

Sementara itu LPEI menawarkan berbagai bentuk dukungan kepada industri dan UMKM lewat program penyaluran pembiayaan ekspor bagi pengusaha yang telah melakukan ekspor. Kemudian jasa konsultasi kepada pelaku usaha yang berorientasi ekspor untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas usaha.(Kor)

Related posts

Viral! Ibu-ibu Santai Belanja Ditengah Kebakaran

Ester Minar

PMK Mulai Jangkiti Sapi Di Desa Pagersari

Sandi

Gerebek Kos Pijat Plus-plus, Polisi Amankan Belasan Orang

Ester Minar

Leave a Comment