suryapagi.com
HEADLINENEWSREGIONAL

Modus Selundupkan Narkoba ke Lapas Banyuwangi, Lempar Bola Tenis Isi Sabu

SPcom BANYUWANGI – Lapas Kelas IIA Banyuwangi berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sabu menggunakan bola tenis. Sabu seberat 5 gram itu dimasukkan ke dalam bola tenis kemudian dilemparkan ke dalam lapas. Tiga orang pemesan dalam hal ini yakni napi kasus narkoba diamankan.

Kejadian pelemparan bola tenis berisi sabu dilakukan pada pukul 02.00 WIB, Minggu dinihari (25/4/2021). Petugas mendapatkan informasi jika ada penyeludupan narkoba jenis sabu di dalam Lapas. Penyelidikan pun dilakukan, hingga memantau CCTV di dalam lapas.

“Kita pantau melalui CCTV ternyata ada orang yang mengambil benda mencurigakan yang di lempar dari luar berupa bola tenis. Kalau pelemparan bola tenis itu tidak terpantau (CCTV),” ujar Kalapas Banyuwangi, Wahyu Indarto, Minggu (25/4/2021).

Dari Pantauan CCTV tersebut, akhirnya diketahui tiga warga binaan lapas memesan barang haram itu dari luar lapas. Mereka adalah AJ, BH dan K. Ketiganya merupakan narapidana kasus narkotika. Penggeledahan pun dilakukan di sel tahanan mereka. Hingga akhirnya petugas menemukan barang bukti berupa handphone, 20 paket kecil berisi sabu 5 gram dan bola tenis.

“AJ memesan melalui K ke warga luar. Kemudian bola itu ditemukan oleh salah satu warga binaan yang membersihkan halaman. Tapi setelah diambil, bola itu kemudian dirampas oleh BH. Ketiganya langsung kita amankan,” kata Wahyu.

Atas temuan tersebut, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan Satuan Narkoba Polresta Banyuwangi. Ketiganya kemudian dibawa ke Polresta Banyuwangi untuk pemeriksaan dan pengembangan lebih lanjut.

“Dan selanjutnya kita serahkan ke aparat kepolisian untuk pemeriksaan dan pengembangan,” imbuh Wahyu.

Wahyu mengaku penyelundupan sabu dengan menggunakan bola tenis merupakan temuan baru di Lapas Banyuwangi. Sebelumnya penyelundupan dilakukan dengan menggunakan makanan ataupun dititipkan kepada warga binaan lain.

“Tentu kami sangat memerangi narkoba. Jangan sampai masuk ke Lapas Banyuwangi. Pasti ketahuan. Jika ada oknum yang terlibat, maka tak segan saya akan usulkan pemecatan,” terang Wahyu. (SP)

Related posts

Pasangan Suami Istri Ditemukan Tewas Terbakar Dengan Keadaan Berpelukan

Ester Minar

KTT APEC, Jokowi Singgung Soal Kesenjangan Vaksin

Ester Minar

ABG Bakar Rumah Nenek Hingga Ludes Lantaran Tak Dibelikan HP

Ester Minar

Leave a Comment