suryapagi.com
NEWSREGIONAL

Salat Id di Masjid Baiturrahman Aceh Dipenuhi Warga Hingga Akses Jalan Ditutup

SPcom ACEH – Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Aceh dipenuhi warga yang menunaikan ibadah salat dul Fitri atau salat Id 1442 Hijriyah pada Kamis, 13 Mei 2021. Lantaran terlalu penuh, ada beberapa yang rela salat di atas rerumputan untuk bisa beribadah.

Akibat terlalu penuh, aparat Kepolisian menutup akses jalan menuju Masjid Raya Baiturrahman yang digunakan untuk menampung kendaraan jemaah. Kemudian jalan masuk ke dalam masjid dijaga ketat oleh aparat TNI-Polri dan Satpol PP. Mereka juga memberikan masker kepada warga yang datang namun tidak menggunakan masker.

Selain itu para jemaah juga diarahkan untuk mencuci tangan di wastafel portable sebelum masuk ke halaman masjid. Meski begitu masih banyak warga yang mengabaikan anjuran untuk mencuci tangan.

Terlihat Saf jamaah yang berada di halaman masjid rapat-rapat seperti biasa, tidak menerapkan jarak antarsaf saat pelaksanaan salat Idul Fitri. Durasi khotbah salat Id dipersingkat hanya 15 menit.

Kepala Dinas Syariat Islam Aceh EMK, Alidar, mengatakan, masyarakat yang melaksanakan salat Id di masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh harus mengikuti beberapa ketentuan yang telah ditentukan oleh Pemerintah Aceh.
Sedangkan dalam pelaksanaan shalat Id para jemaah diminta untuk tetap menjaga jarak di dalam shaf antara satu jemaah dengan jemaah lainnya.

“Bagi jemaah yang mengikuti protokol kesehatan kami persilakan salat di dalam masjid. Namun bagi yang tidak menggunakan masker dapat melaksanakan salat Id di pekarangan masjid dan tidak diperbolehkan masuk ke dalam masjid,” kata Alidar. (SP)

Related posts

Petugas Gabungan Sidak Izin Hotel Sambina di Pegadungan

Sandi

Viral! Kritik Provinsi Lampung, TikToker Bima Yudho Dipolisikan, Netizen Dukung Bima

Ester Minar

Pemerintah Cegah WNA Masuk Mulai 1 Januari 2021

Sandi

Leave a Comment