suryapagi.com
REGIONAL

Pemkab Malang Kejar Vaksinasi Covid-19 Lansia dan Pra Lansia

SPcom KAB MALANG – Vaksinasi Covid-19 untuk para warga lanjut usia (Lansia) dan Pra Lansia di Kabupaten Malang dimulai hari ini. Rencananya kegiatan tersebut akan berlangsung hingga 11 Juni mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo mengatakan, tempat vaksinasi berada di Stadion Kanjuruhan dan juga kantor Kecamatan Tumpang. Warga tidak dikenakan biaya untuk vaksinasi alias gratis.

“Persyaratan Pra Lansia itu usia 50-59 tahun, sedangkan lansia itu mulai usia 60 tahun ke atas,” ucapnya, Rabu (9/6/2021).

Sedangkanuntuk prosesnya semua sama dengan vaksinasi pada umumnya. Yakni harus melalui skrining sebelum dilakukan pemberian vaksin, untuk jenis vaksinnya adalah Sinovac.

“Klau lolos, langsung proses vaksinasi. Kemudian, dilakukan observasi usai vaksin, pengantar dan pendamping juga mendapatkan vaksinasi gratis,” terangnya.

Lebih lanjut, Arbani menambahkan, meski vaksinasi secara massal, tiap hari jumlah lansia tetap dibatasi, dengan jumlah 600 suntikan vaksin.

“Syaratnya sama harus membawa KTP dan dilakukan skrining. Di vaksinasi massal ini selama tiga hari kami siapkan 30.000 suntikan vaksin,” ujarnya.

Seperti diketahui, vaksinasi massal tersebut dilakukan karena di Kabupaten Malang, hanya ada sekitar lima persen lansia yang sudah mendapatkan vaksin hingga akhir Mei kemarin.

Sementara, yang terdaftar itu ada 65.000 orang, dan yang melakukan vaksinasi hanya 10.650 orang lansia. Bila lansia memiliki kormobid, tetap bisa melakukan vaksinasi. Namun, dengan berbagai kondisi khusus. Diantaranya, terkontrol, hipertensi kurang dari 189/110 mmhg.(Tut)

Related posts

Viral! Pungli di Pantai, Bayar Rp. 5000 Lewat Jembatan

Ester Minar

Dua Pelajar Pencuri Kambing Kejar-kejaran Dengan Polisi

Ester Minar

Tawarkan Jasa Buat Ijazah Palsu di Media Sosial, Dua Pria Ditangkap Polisi

Ester Minar

Leave a Comment