suryapagi.com
HEADLINENEWSREGIONAL

Viral, Mural ‘Dipaksa Sehat di Negara yang Sakit’ , Satpol PP Buru Pembuat Mural

SPcom PASURUAN – Sat Pol PP Kabupaten Pasuruan menghapus mural yang bertuliskan ‘Dipaksa Sehat di Negara yang Sakit’ yang ada di sudut bangunan Jalan Diponegoro, Bangil, Pasuruan, karena melanggar peraturan daerah (Perda). Kini pembuat mural tengah dicari.

“Pembuatnya belum ketemu. Tapi pemilik bangunan sudah diketahui. Itu asetnya KAI Daop 8 Stasiun Bangil. (Pembuat) nggak ada izin ke pemilik bangunan,” ungkap Kasat Pol PP Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana, Sabtu (14/8/2021).

Bakti mengatakan jika pembuat mural ketemu, pihaknya akan melakukan pembinaan, karena Sat Pol PP bertugas sebagai aparat pemerintah daerah yang berkewajiban melakukan pembinaan.

Penghapusan mural bergambar dua karakter dengan tulisan, ‘Dipaksa Sehat di Negara yang Sakit’ yang ada di sebuah bangunan sudut Jalan Diponegoro, Bangil, tersebut viral di sosial media.

Banyak akun mengunggah gambar yang memperlihatkan dinding berisi mural dan kondisi setelah dihapus.

Mural dihapus karena melanggar Perda Kabupaten Pasuruan Nomor 2 Tahun 2017. Perda itu melarang corat-coret di sarana umum.

Mural yang dihapus berada di salah sudut bangunan strategis di pusat Kota Bangil. Pengendara yang melintas dari arah Pandaan bisa dengan jelas melihatnya.

Begitu juga pengendara yang datang dari arah alun-alun menuju arah Surabaya dapat menyaksikan mural yang didominasi warna biru itu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, mural itu mulai dibuat pada 25 Juli 2021 dan selesai pada 2 Agustus 2021. Kemudian, pada 10 Agustus, mural dihapus Satpol PP setelah mendapat banyak laporan dari masyarakat. (SP)

Related posts

Culik Murid Berkebutuhan Khusus, Guru Ditangkap

Ester Minar

Bos Bakar Anak Buah Lantaran Berbohong

Ester Minar

Prakiraan Cuaca Jakarta Hari ini, Siang Hari Hujan Ringan

Ilham Sma15

Leave a Comment