suryapagi.com
HEADLINEREGIONAL

Peringati HUT Kemerdekaan ke 76 Tahun RI, Pemkot Batu Berikan Insentif Kepada Veteran

SPcom BATU – Pemerintah Kota Batu, Jawa Timur, mewujudkan perhatiannya kepada para mantan pejuang Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), dengan memberikan insentif dan bingkisan.

Pemberian insentif tersebut merupakan salah satu rangkaian dalam peringatan saat upacara HUT Kemerdekaan ke 76 tahun RI, di halaman Balai kota Batu, Selasa (17/8/2021) pagi.

Menurut Ketua LVRI Kota Batu, Hendri Israwa, insentif yang diberikan tersebut sudah dilakukan oleh Pemkot Batu sejak 2008 sampai sekarang ini.

“Jadi, insentif ini sudah diberikan sejak 2008 sampai sekarang. Sebesar Rp 4 juta rupiah yang dibagikan dalam empat tahap dengan nilai sebesar Rp 1 juta rupiah,” jelasnya.

Waktu pencairan insentif tersebut, saat hari raya, Hari Pahlawan, HUT Kota Batu serta 17 Agustus.

Ketua LVRI Kota Batu, Hendri Israwa

“Untuk pemberian insentif tahun ini, diberikan secara simbolik kepada perwakilan, mengingat saat ini sedang pandemi Covid-19,” urainya.

Di soal mengenai pemberian insentif itu, dijelaskan Hendri, sudah diberikan semua. Selain itu, nantinya akan diberi bingkisan oleh Kesbangpol Kota Batu.

“Dulu, Pejuang 45 itu ada ratusan lebih, sekarang 9 orang dan pembela seperti saya ini tinggal 28 orang. Alhamdulillah, di Kota Batu ini kami diperhatikan, dan semoga di daerah lain juga sama seperti ini,” pungkas Hendri.

Diungkapkan olehnya, selama pendemi Covid-19 setidaknya 6 orang veteran meninggal dunia. Dan, saat ini jumlah veteran di Kota Batu tinggal 38 orang sedangkan janda veteran berjumlah 96 orang.

Sementara, terkait dengan pemberian insentif kepada veteran tersebut, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menjelaskan, meski diberikan secara simbolik kepada perwakilan. Namun kemudian akan dilanjutkan dengan mengantarkan ke rumah masing-masing.

“Ini tadi secara simbolik, tapi kemudian diantarkan ke rumah masing-masing veteran karena mereka juga sudah sepuh. Disampaikan langsung oleh Dinas Sosial,” terang dia.

Dan, kembali dijelaskan olehnya, yang kemudian insentif tersebut diberikan nanti saat HUT Kota Batu dan Hari Pahlawan.

“InsyaAllah, yang 17 Agustus sudah diberikan semua tinggal nanti HUT Kota Batu dan Hari Pahlawan saja,” tegas orang nomor satu di Kota Batu ini.

Di sisi lain, Dewanti berharap di usia 76 tahun ini, menjadikan Indonesia tangguh dan tumbuh, terlebih dalam pandemi.

“Tangguhnya, bagaimana yakni kita dengan mengikuti saran pemerintah untuk melakukan jaga jarak, pakai masker, dan mengurangi berkumpulnya orang dalam melakukan aktifitas. Untuk itu, agar supaya kita tangguh maka kita bisa menjaga kesehatan kita,” tandas dia.

Seperti diketahui, dalam peringatan HUT RI ke 76 tahun, bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wali kota Batu, Dewanti Rumpoko.

Upacara diawali dengan pembacaan Pembukaan UUD 1945 yang dibacakan oleh Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Batu.

Sedangkan, bertugas sebagai pengibar bendera, 72 petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Batu tahun 2021.(adv/tut)

Related posts

Sembunyikan Sabu 2 Kg, Sepasang Suami-Istri di Bandung Ditangkap Polisi

Ester Minar

Suryapagi Silaturahmi Dengan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman

Sandi

TikTok Shop Resmi Ditutup Hari Ini

Ester Minar

Leave a Comment