suryapagi.com
NEWSREGIONAL

Jual Burung Endemik di Medsos, Dua Pria Ditangkap

SPcom PANDEGLANG – Polisi menangkap dua tersangka, DH (35) dan LH (21), warga Cimanggu dan Cigeulis, Pandeglang, Banten, terkait kasus perdagangan puluhan burung endemik dilindungi.

Dua pria itu diringkus polisi di rumahnya tanpa perlawanan, pada Kamis (4/11). Di lokasi tersebut, petugas menemukan puluhan burung endemik dilindungi yang dikurung dalam kandang berbagai ukuran.

“Pelaku ini membeli burung dari masyarakat dan ditampung di rumahnya terus dijualbelikan kembali melalui media sosial Facebook dan WhatsApp,” kata Kasatreskrim Polres Pandeglang, AKP Fajar Mauludi, Jumat (5/11/2021).

Dalam menjalankan modusnya, kedua tersangka membeli burung seharga Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu. Burung-burung dilindungi itu dijual kembali dengan harga Rp 450 hingga Rp 900 ribu.

Adapun jenisnya yaitu 13 ekor burung kangkareng dewasa dan tiga ekor burung julang emas dewasa. Kemudian tujuh ekor burung anakan kangkareng, dua ekor anakan julang emas serta 11 ekor burung anakan beo tiong emas.

“Mereka sudah menjalankan transaksi ini selama tiga bulan, tapi pengakuannya burung-burung ini belum sempat dijual ke luar. Kami masih selidiki lebih lanjut, meskipun motif pengakuannya karena faktor ekonomi,” tutur Fajar.

Atas perbuatannya, DH dan LH disangkakan melanggar Pasal 40 ayat 2 jo Pasal 21 ayat 2 huruf a UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem, dengan ancaman hukuman 5 tahun kurungan penjara dan denda Rp 100 juta. (SP)

Related posts

Tinjau Pembangunan Pasar Induk, Walkot Batu ‘Malas’ Gubris Keluhan Warga

Sandi

Seorang Anggota DPRD Tangsel Dari PSI Terpapar Covid-19

Sandi

Viral Puluhan Siswa Sayat Tangan, Polres Bengkulu Utara Turun Tangan

Sandi

Leave a Comment