suryapagi.com
METRONEWS

Tuntut Anies Sediakan Air Bersih, Puluhan Warga Bawa Jeriken ke Balai Kota

SPcom JAKARTA – Puluhan warga Muara Angke, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, mendatangi Balai Kota DKI Jakarta sambil membawa jeriken kosong, Selasa (22/2/2022).

Mereka berteriak ‘air-air’, agar Pemprov DKI Jakarta segera memberikan layanan air minum di kampung mereka. Kedatangan mereka juga sekaligus memberikan surat untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam suratnya, mereka menyampaikan bahwa wilayah kampung Blok Limbah, Blok Eceng, dan Blok Empang di Kelurahan Pluit belum mendapat layanan air sejak 1980-an.

“Sejak pertama kali kampung bertumbuh hingga sekarang belum pernah ada layanan air minum dari Pemprov DKI Jakarta kecuali satu titik kios air yang dibangun tahun 2020 di Kampung Blok Eceng, tapi itu pun dioperasikan komersial,” ujar perwakilan warga, Muslimin, membacakan isi surat.

Muslimin mengatakan, selama ini warga di tiga kampung tersebut mengonsumsi air minum dengan cara membeli air isi ulang galon dan air kemasan botol.

Harga air minum kemasan isi 18 liter adalah Rp 6.000 per galon dan air minum kemasan botol Rp 4.000 per botol ukuran 1,5 liter.

Oleh karena itu, melalui tiga koperasi di kampung tersebut, pihaknya memohon agar PAM Jaya dapat melayani suplai air minum menggunakan kios air sebanyak 293.208 liter per hari untuk kebutuhan 4.968 jiwa dari 1.286 keluarga.

Kemudian, pihaknya juga meminta agar kios air tersebut dipasang, dikelola, dan didistribusikan koperasi masing-masing kampung sebagai badan hukum masyarakat setempat.

“Pemberlakuan tarif air sesuai Peraturan Gubernur Nomor 57 Tahun 2021 untuk golongan rumah tangga sangat sederhana yaitu Rp 1.575 per meter kubik,” kata Muslimin.

“Pelayanan kios air bagi warga dimaksudkan sebagai layanan sementara sambil dilakukan perencanaan untuk layanan melalui instalasi perpipaan,” ujar dia.

Saat ini, terdapat 368 warga yang tinggal di Blok Limbah, 678 jiwa di Blok Eceng, dan 3.922 jiwa di Blok Empang. (SP)

Related posts

Remaja Perempuan Nekat Culik Bocah Dengan Modus Beli Layangan, Apa Motifnya?

Ester Minar

Kericuhan Terjadi di Gereja Saat Ibadah, Polisi Turun Tangan

Ester Minar

Geger, Warga Temukan Tulang Ikan Raksasa Setinggi Orang Dewasa

Ester Minar

Leave a Comment