suryapagi.com
MALANG RAYA

Pertahankan Tradisi Bukber, Masjid An Nur Kota Batu Sajikan 500 Porsi Makanan

SPcom KOTA BATU – Kurun waktu 10 tahun berjalan, Masjid An Nur Kota Batu masih pertahankan tradisi buka bersama. Dimana, bulan Ramadan tahun ini sajikan sebanyak 500 porsi makanan.

Bendahara Masjid An-Nur Batu, H Mashuri mengatakan pada hari tertentu, seperti hari Sabtu dan Minggu bahkan panitia buka puasa bersama menambah hingga 700 porsi.

“Menu buka puasa ini bukan hanya untuk jamaah salat rawatib, wisatawan pun kami persilakan untuk bergabung buka puasa bersama kami,” katanya. Rabu, (8/4/2022) malam.

Tradisi ini, lanjut dia, adalah bentuk rasa syukur atas datangnya bulan suci Ramadhan, sekaligus bentuk kepedulian bagi sesama muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Menu makanan yang disajikan bukan nasi bungkus seperti pada umumnya. Dihidangkan berupa makanan yang segar. Dengan menu variatif seperti gule, rawon, sop, sayur asem, soto, hingga kare ayam.

“Proses masakannya pun kami panggilkan juru masak yang memang terbukti kualitas masakannya,” imbuh pengusaha korden itu.

Dibalik tradisi Masjid An-Nur Batu, Mashuri mengatakan agenda buka bersama ini tidak lepas dari sumbangsih para dermawan, baik dari jamaah maupun pihak lain.

Dijelaskannya, secara kalkulasi dibutuhkan 3 ekor sapi, Masjid An-Nur Batu mendapatkan tambahan 2 ekor sapi dari hasil patungan jamaah.

Kegiatan ini sudah menjadi tradisi masjid terbesar dan tertua di Kota Batu ini sejak lama. Tradisi ini menjadi bentuk rasa syukur atas datangnya bulan suci Ramadhan, sekaligus bentuk kepedulian bagi sesama muslim.

“Tradisi ini baru bisa kita lakukan lagi di tahun 2022 ini karena pandemi COVID-19 sudah mulai reda. Dua tahun lalu tidak kita gelar karena ada pembatasan,” pungkasnya. (Putut)

Related posts

DPRD Pertanyakan Kemendagri Tak Terbitkan SK Penjabat Walkot Batu

Sandi

IPW Desak Kapolri Copot Kapolres Malang

Sandi

Poster Acara Babe Haikal Di Yonif Para Raider 502 HOAKS!

Sandi

Leave a Comment