TNI AL Akan Remajakan Puluhan Kapal Perang

0 10

SPcom JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali mengatakan pihaknya bakal meremajakan 41 kapal perang angkatan laut yang sudah tua.

“Istilah kita refurbishment kapal-kapal perang kita terutama yang sudah tua, itu akan ada peremajaan. Dilaksanakan sesuai dengan yang direncanakan oleh Kementerian Pertahanan adalah 41 kapal,” kata Ali usai Upacara Hari Dharma Samudera di KRI Banda Aceh-593, Senin (16/1).

Ali mengatakan industri pertahanan dalam negeri dilibatkan dalam program peremajaan puluhan kapal perang tersebut. Ia menyebut delapan kapal bakal diprioritaskan.

“Mungkin ada delapan dulu. Kita juga menyesuaikan dengan galangan-galangan kapal yang ada di Indonesia baik galangan BUMN maupun galangan-galangan kapal swasta,” ujarnya, seperti dilansir cnnindonesia.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengaku ingin menambah jumlah kapal TNI AL yang dimodernisasi untuk menjaga wilayah laut Indonesia.

“Dari 41 kapal perang ini, mungkin bisa bertambah menjadi 43 hingga 44 KRI,” kata Prabowo saat memberikan pengarahan kepada jajaran pejabat Eselon I dan II di Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Ia meminta jajarannya untuk mempercepat proses penambahan jumlah KRI yang akan dimodernisasi agar siap tempur demi menjaga pertahanan negara.

“Tolong approach Mabesal. Tolong, yang sudah tidak bisa operasional, segera masuk dock. Jangan ada penghambatan birokratis,” kata Prabowo. (SP)

Leave A Reply

Your email address will not be published.