suryapagi.com
PENDIDIKAN

Kapolri Gelar Wayang Kulit Wahyu Makutharama

SPcom JAKARTA – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengadakan gelar budaya pagelaran wayang kulit ‘Wahyu Makutharama’ di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (3/2/2023).

Tampak hadir Panglima TNI Laksamana Yudho Margono, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, dan KSAL Laksamana Muhammad Ali. Hadir pula Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Kapolri Jenderal Sigit sebagai inisiator mengatakan, acara ini digelar sebagai bentuk pelestarian budaya Indonesia. Pagelaran ini juga menjadi bentuk kokohnya sinergitas TNI-Polri.

Diketahui belum lama ini, Panglima TNI dan Kapolri juga terlibat dalam pagelaran wayang orang ‘Pandawa Boyong’ di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu (15/1/2023).

Gelar budaya pagelaran wayang kulit ‘Wahyu Makutharama’ ini sendiri punya makna mendalam. Filosofi dalam Lakon Wahyu Makutharama mengandung makna bahwa seorang pemimpin/satria harus berpegangan pada pilar Hastho Broto (tanah, api, angin, air, angkasa, bulan, matahari dan bintang).

Dalam acara ini Ki Harso Widisantoto, Ki MPP Bayu Aji Pamungkas, Ki Dr. H. Yanto,. S.H., M.H., Ki Sri Kuncoro akan menjadi dalang.

Masyarakat yang hadir bisa menyaksikan, menikmati makanan dan minuman secara gratis. Selain itu, terdapat doorprize dan grandprize yang akan dibagikan.

Penampilan hiburan juga akan dimeriahkan oleh Gareng Semarang, Sinden Elisha, Iis Sugiarto, dan Sinden Endah Laras. Acara akan diselenggarakan hingga pukul 03.00 WIB.

Related posts

A $1495 Flamingo Dress: The Pink Bird Is Dominating Fashion

Iwan

This Friendship Day #LookUp To Celebrate Real Conversations

Iwan

3 Books to Help You Create a New Lifestyle that Lasts

Iwan

Leave a Comment