suryapagi.com
NEWS

Pemodal Penambang Emas Ilegal Taman Nasional Terancam Pidana Berlapis

SPcom JAKARTA – Penyidik Balai Gakkum KLHK Wilayah Sumatera melakukan penahanan terhadap MSN (37) yang merupakan salah satu aktor intelektual (pemodal) penambangan emas ilegal di Kawasan Taman Nasional Batang Gadis.

Kepala Balai Gakkum KLHK Wilayah Sumatera Subhan mengungkapkan, sebelum dilakukan penahanan, dua pemodal penambangan ilegal tersebut yakni MSN (37) dan MH (49) telah ditetapkan sebagai tersangka pada tanggal 1 Februari 2023.

“Saat ini, MSN sudah ditahan di Kepolisian Daerah Sumatera Utara, sementara MH masih dicari keberadaannya. Sedangkan barang bukti berupa 3 unit ekskavator yang telah disita sejak tanggal 23 Mei 2022 masih dititipkan di Kantor Balai Taman Nasional Batang Gadis di Panyabungan, Provinsi Sumatera Utara,” kata Subhan dalam keterangan resmi, seperti dikutip dari MI, Senin (13/2).

Atas perbuatannya tersebut, tersangka akan dijerat dengan Pasal 78 ayat (2) jo pasal 50 ayat (3) Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan sebagaimana telah diubah dalam Pasal 36 Angka 19 Pasal 78 ayat (2) Jo Pasal 36 Angka 17 Pasal 50 Ayat (2) huruf a Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2021 tentang Cipta Kerja Jo Pasal 55 Angka ke-1 KUHP dengan ancaman pidana penjara maksimal 10 tahun dan denda maksimal Rp 7,5 miliar.

Penyidik sedang mendalami Kejahatan Tersangka terkait dengan tindak pidana perusakan lingkungan hidup Pasal 98 ayat (1) ancaman pidana penjara paling singkat 3 tahun dan paling lama 10 tahun dan denda paling sedikit Rp3 miliar dan paling banyak Rp10 miliar.

Subhan menyatakan, kasus ini berawal dari kegiatan operasi represif pengamanan hutan yang dilakukan Tim Operasi Balai Gakkum KLHK Wilayah Sumatera bersama dengan pihak Balai Taman Nasional Batang Gadis.

Pada tanggal 13 Mei 2022 sekitar pukul 16.30 WIB, Tim menemukan 3 ekskavator beserta 3 orang operator dan 1 helper yang sedang melakukan pengerukan tanah di Sungai Batang Bangko.

“Adapun ketiga operator tersebut diduga melakukan pertambangan secara ilegal di dalam kawasan Taman Nasional Batang Gadis,” imbuh dia. (SP)

Related posts

Ustaz Yusuf Mansur Unggah Foto Presiden Jokowi Sungkem Ma’aruf Amin, Menuai Komentar Pro dan Kontra

Ester Minar

Terlambat Dijemput, Siswi Dicabuli Oleh Residivis Pencabulan

Ester Minar

Tok! Masa Jabatan Pj Gubernur DKI Heru Budi Diperpanjang

Ester Minar

Leave a Comment