suryapagi.com
TNI

Panglima TNI Mengganti 5 Perwira Tinggi di Wilayah Papua

SPcom JAKARTA – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengganti lima perwira tinggi yang menjabat di wilayah Papua. Dalam Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia No Kep/426/IV/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI, total ada 172 perwira yang dimutasi.

Lima jabatan di antaranya adalah Pangkogabwilhan III, Kas Kogabwilhan III, Pangdam XVII/Cendrawasih, Danrem 172/Praja Wira Yudha dan Pangkoarmada III.

Pejabat lama Pangkogabwilhan III yakni Letjen I Nyoman Cantiasa kini ditempatkan sebagai Koorsahli KSAD. Posisi Nyoman lalu digantikan Mayjen Agus Suhardi yang sebelumnya merupakan Asops Panglima TNI.

Sementara Kas Kogabwilhan III kini dijabat oleh Marsekal Pertama Budhi Achmadi. Pejabat sebelumnya yakni Mayjen Izak Pangemanan ditunjuk menjadi Pangdam XVII/Cendrawasih. Markas Kogabwilhan III berkedudukan di Timika, Papua. Wilayah kerja di antaranya meliputi darat yaitu Maluku, Maluku Utara, Papua.

Seperti dilansir CNNIndonesia, usai digantikan oleh Izak, pejabat Pangdam XVII/Cendrawasih sebelumnya, Mayjen M Saleh Mustafa kemudian ditempatkan sebagai Pa Sahli Tk.III KSAD Bid Sosbudkum HAM dan Narkoba. Panglima TNI juga mengganti Danrem 172/Praja Wira Yudha dari Brigjen J.O Sembiring kepada Kolonel Inf Dedi Hardono. Korem 172/PWY berada di bawah komando Kodam XVII/Cendrawasih.

Dedi sebelumnya adalah Pamen Denmabesad. Dengan jabatan baru ini, ia akan mendapat kenaikan pangkat menjadi bintang satu atau Brigjen. Sementara pejabat lama J.O Sembiring ditunjuk sebagai Pa Sahli Tk.II KSAD Bid.Sosbud

Sembiring sebelumnya juga dikenal sebagai Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops) pencarian pilot Susi Air yang disandera oleh KKB.

Adapun Pangkoarmada III yang sebelumnya dijabat Laksda Agus Hariadi kini diserahkan ke Laksda Rachmad Jayadi. Laksda Agus Hariadi dipromosikan menjadi Staf Khusus Kasal. (SP)

Related posts

Kodim 0411/LT Gelar Doa dan Syukuran HUT ke-75 Kodam II Sriwijaya

Sandi

Presiden Jokowi Tunjuk Jenderal Agus Subiyanto Sebagai Calon Panglima TNI

Ester Minar

Dankodiklatad Hadiri Seoul International Aerospace & Defense Exhibition 2021

Sandi

Leave a Comment