suryapagi.com
NEWSREGIONAL

Seorang Ustadz Terciduk Bawa Sabu Saat Hendak Ceramah di Lapas

SPcom BANYUWANGI – Seorang ustadz berinisial MS terciduk oleh petugas Lapas Banyuwangi membawa satu paket narkoba jenis sabu. Barang berupa kristal putih itu disembunyikan di dompet berisi STNK yang dikaitkan pada kunci mobil.

Penemuan paket sabu milik MS itu terjadi sekitar pukul 09.30 WIB, Rabu (21/6). Saat itu MS masuk ke Lapas Banyuwangi dengan tujuan untuk mengajar ilmu agama.

Kakanwil Kemenkumham Jatim, Imam Jauhari mengatakan MS ditunjuk oleh salah satu pondok pesantren di daerah Glenmore, Banyuwangi. Ponpes tersebut memang menjadi salah satu organisasi yang bekerja sama dengan Lapas Banyuwangi dalam bidang pembinaan kerohanian warga binaan.

“MS ini baru tiga kali mengajar pembinaan kerohanian di Masjid Lapas Banyuwangi, mengajar setiap hari Rabu,” kata Imam.

Petugas mendapati barang itu pada saat melakukan penggeledahan badan. Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto mengatakan selama ini pihaknya memang bekerja sama dengan beberapa organisasi keagamaan. Tujuannya untuk memperkaya kazanah keilmuan agama warga binaan.

“Kami ada beberapa ustadz yang mengajar beberapa bidang seperti kaligrafi, sejarah kebudayaan Islam, qira’ah, hingga bahasa Arab,” kata Wahyu.

Wahyu menyebut petugas sebenarnya sudah curiga dengan gelagat MS sejak sepekan sebelumnya. Saat itu, usai mengajar MS meminta petugas kesehatan lapas untuk memeriksa tekanan darahnya.

“Dari gelagatnya, petugas kesehatan kami curiga kalau MS ini seperti orang yang menyalahgunakan narkoba,” ucapnya.

Namun, karena tidak cukup bukti, petugas tidak melakukan penangkapan pada saat itu.

“Saat ada momentum dia masuk lagi ke lapas, kami lakukan penggeledahan secara menyeluruh dan akhirnya ditemukan satu paket kristal putih dalam bungkusan plastik klip di gantungan kunci mobilnya,” ujarnya.

Petugas curiga terhadap benda yang menonjol pada dompet tersebut. Benar saja, pada saat dibuka ternyata ditemukan satu klip berisi serbuk kristal yang berada di bawah STNK.

“Saat dilakukan tes urine, hasil menunjukkan positif metamfetamin dan yang bersangkutan mengaku mengonsumsi narkoba tadi malam di kediamannya,” lanjut Wahyu. (SP)

Related posts

Dilarang Mengamen, Sopir Bus Ditendang-Dipukul

Ester Minar

Mobil Ambulans Pengangkut Jenazah Covid-19 Jatuh ke Jurang

Ester Minar

Polres Serang Amankan 17 Orang yang Diduga Preman dan Pelaku Pungli

Ester Minar

Leave a Comment