suryapagi.com
REGIONAL

Tumbuhkan Minat Baca, Pemkab BU Gelar Lomba Bercerita

SPcom BENGKULU – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Bengkulu Utara gelar beberapa lomba untuk tingkatkan minat baca anak.

“Lomba ini diadakan untuk mengembangkan minat dan budaya baca kegiatan yang akan dilaksanakan hingga 3 Agustus. Diikuti oleh siswa – siswi sekolah dan desa di Bengkulu Utara,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan BU Suharlan, Rabu (2/8/2023).

Kategori lomba yakni bercerita tingkat SD/MI, kegiatan pengembangan minat dan budaya baca dengan melakukan lomba bercerita tingkat SD/MI. Kemudian lomba pidato tingkat SMP/MTS, dan lomba perpustakaan desa.

Dihadapan dewan juri, peserta tampil ekspresif membawakan cerita legenda beberapa peserta bahkan tampil dengan alat peraga, untuk menguatkan pesan dari kisah yang tampilkan.

Cerita lokal memang menjadi tema pokok dalam lomba ini karena selain untuk menumbuhkan kegemaran membaca, tema ini dipilih untuk mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah (lokal).

Sehingga nilai-nilai kehidupan yang baik dalam cerita kepahlawanan maupun legenda, turut menginspirasi karakter generasi muda.

“Karena membaca adalah jendela dunia dan kegemaran membaca, dapat ditumbuhkan dengan mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya yang ada di perpustakaan. Juga nantinya dimana para pemenang lomba akan diberikan hadiah berupa uang pembinaan, piala dan piagam penghargaan,”ujarnya.

Sementara Asisten III Setdakan BU, Agus Haryanto mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat baik untuk memancing dan memotifasi anak anak untuk rajin membaca dan memanfaatkan sumberdaya dan fasilitas yg ada di perpustakaan daerah.

“Selain untuk meningkatkan minat membaca, anak- anak kita juga harus perlunya pengawasan dari penggunaan teknologi berlebihan di masa kini,”terangnya. (YG4)

Related posts

Pemimpin Redaksi Media Online Disiram Air Keras Oleh Orang Tak Dikenal

Ester Minar

Dibacok Saat Berkendara, Seorang Pemuda Ditemukan Bersimbah Darah

Ester Minar

Geger! Kakak Beradik Tewas Usai Nekat Lompat dari Jembatan Tertinggi di ASEAN

Ester Minar

Leave a Comment