suryapagi.com
NEWS

Jelang Natal-Tahun Baru Harga Cabai Meroket, DPRD Perintahkan Pemprov Operasi Pasar

SPcom JAKARTA – Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, harga cabai terus melonjak. Kini, Harga cabai rata-rata Rp100.000-120.000 per kilogram.

Anggota Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta Suhud Alynudin mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) segera bergerak menanggapi lonjakan harga cabai di pasaran.

Upaya yang dilakukan yakni untuk mengintervensi dengan menggelar operasi pasar demi stabilisasi harga jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Suhud Alynudin mengatakan, operasi pasar sangat diperlukan. Pasalnya harga cabai keriting kini meroket dari Rp43 ribu per kilogram pada Oktober 2023 kini mencapai Rp94 ribu per kilogram, sedangkan cabai rawit merah dari Rp65 ribu menjadi Rp120 ribu per kilogram sesuai infopangan.jakarta.go.id.

“Pemerintah harus melakukan intervensi untuk menurunkan harga cabai, salah satunya bisa melakukan operasi pasar agar harga cabai bisa turun,” kata Suhud, Rabu (5/12).

Menurutnya, kenaikan harga terjadi karena Pemprov DKI dinilai gagal menjaga rantai distribusi dan tidak adanya kesiapan dalam menghadapi momen tertentu.

“Ini terjadi karena pemerintah gagal memangkas rantai pasok cabai dan mengatur pola tanam pertanian nasional, sehingga ketika terjadi situasi hambatan produksi, tidak ada proteksi harga pangan untuk melindungi masyarakat,” tutup Suhud (SP)

Related posts

Pakaian Serba Hitam, Mayat Pria Mengapung di BKB Tanah Abang

Ester Minar

Prajurit TNI Divonis Penjara Seumur Hidup Atas Kasus Mutilasi Warga

Ester Minar

Marullah Dicopot, Uus Kuswanto Diangkat Jadi PJ Sekda DKI

Ester Minar

Leave a Comment