suryapagi.com
HEADLINEMETRONEWS

KSAD Bocorkan Kunci Keberhasilan Hadapi Ancaman

SPcom MAKASSAR – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak junjung pentingnya Kemanunggalan TNI dengan rakyat dan alam sekitar.

Menurut Maruli, hal tersebut merupakan kunci keberhasilan menghadapi berbagai ancaman, baik dari dalam maupun luar negeri.

“Tema Hari Juang TNI AD tahun ini, TNI AD Bersama Dengan Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI. Ini memang sesuai dengan konsep pertahanan kita, bahwa kita melakukan konsep pertahanan dengan perlawanan rakyat semesta. Jadi rakyat itu berkomunikasi baik dengan kita, sehingga kita bisa berjuang bersama rakyat,” jelasnya saat puncak Peringatan Hari Juang TNI AD ke-78, di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (15/12/2023).

Terkait makna perjuangan, Maruli mengingatkan kembali akan peristiwa heroik pertempuran Ambarawa melawan penjajah di bawah pimpinan Jenderal Sudirman. Dimana meskipun dalam kondisi sakit, beliau pantang menyerah dan terus memimpin pasukan untuk memerangi penjajah.

“Pertempuran Ambarawa menjadi salah satu momen penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Kegigihan dan keberanian Jenderal Sudirman menjadi inspirasi bagi kita semua,” tegasnya.

Poin penting yang disampaikan Maruli antara lain mengenai beragam tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia di era globalisasi saat ini. Diantaranya perang asimetris, perubahan iklim, dan potensi konflik sosial.

Untuk menghadapinya, perlu adanya peningkatan kemampuan dari prajurit TNI AD. Ia juga menyinggung tentang peran aktif seluruh masyarakat dalam pelestarian alam.

Pada acara puncak Peringatan ke-78 Hari Juang TNI AD ini, Maruli juga menyerahkan penghargaan kepada Kodim-Kodim yang berhasil keluar sebagai juara pada Lomba Karya Bakti Satkowil TNI AD Tahun 2023. Masing-masing pada kategori pembersihan sungai/selokan, kategori pembersihan pasar dan kategori penanaman pohon.

Di penghujung acara, Maruli menyerahkan bantuan sosial kepada para Warakawuri dan Veteran RI, pemberian penghargaan kepada prajurit, Persit, dan satuan yang berprestasi, serta melakukan peninjauan bakti sosial, UMKM, dan barak prajurit Batalyon Arhanud 4/AAY.

Related posts

Kecelakaan Maut Mobil Tabrak Truk Tangki, 3 Tewas

Ester Minar

Setelah 3 Tahun Dipolisikan, Kini Status Direktur Indopos Jadi Tersangka

redsp

Mario Dandy Kembali Jadi Tersangka Dalam Kasus Pencabulan

Ester Minar

Leave a Comment