suryapagi.com
NEWSPOLITIK

TPN Ganjar-Mahfud Luncurkan Aplikasi Aduan Kecurangan Pemilu 2024

SPcom JAKARTA – Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud resmi meluncurkan empat aplikasi yaitu Ganjar Twin AI, GPMMD3, OMG (Oke Mas Ganjar), dan Ganjar Mahfud App. Serta dua aplikasi tambahan yang dipromosikan yaitu Jangkar Ganjar dan SKRP Technology.

Hal ini merupakan strategi kampanye digital kubu paslon nomor urut 3 guna meningkatkan aksesibilitas sekaligus mencegah terjadinya disinformasi di kalangan para pemilih.

“Kemajuan teknologi menjadi cara tercepat menyampaikan pesan politik. Dan, ini dapat berdampak luas untuk cara pemilih, politisi, dan wartawan, menilai sosok dan program pasangan Capres Ganjar – Cawapres Mahfud,” kata Deputi Operasi 247 TPN Ganjar-Mahfud, Denon Prawiraatmadja, di Media Center TPN, Gedung High End, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (5/1/2024).

Denon menerangkan, semua aplikasi tersebut memiliki dua fungsi. Fungsi internal, yang menjadi bekal bagi para juru kampanye (Jurkam) dan relawan dalam menyebarluaskan program prorakyat yang diusung Ganjar-Mahfud, pada Pilpres 2024.

Serta eksternal, untuk melindungi calon pemilih dari berbagai berita palsu alias hoaks. Contohnya, berita yang berseliweran di sosial media yang kadang penuh propaganda, narasinya dangkal serta diragukan kebenarannya.

“Itu sebabnya, TPN Ganjar-Mahfud menerapkan teknologi sebagai salah satu strategi kampanye Pilpres 2024. Kita punya sebuah amunisi jitu, yaitu ekosistem digital Ganjar-Mahfud. Alhamdullilah, ini akan menjadi amunisi super hasil karya gotong-royong begitu banyak relawan Ganjar Mahfud,” jelas Denon.

Berikut keenam aplikasi digital:

  1. Aplikasi Ganjar Twin AI

Aplikasi Ganjar Twin AI yang akrab disebut Ganjar AI berisi konten Chat GPT, yang dibuat Relawan Ganjar Berkarya. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat membedah visi-misi 21 Program Sat Set Ganjar-Mahfud.

Ganjar AI merupakan hasil kolaborasi dengan startup The Twin AI dan para relawan dari Pulau Bali, yang dimotori Purwo Handoko bersama komunitas relawan yang terdiri atas teman-teman sekolah Ganjar Pranowo sewaktu menuntut ilmu di SMA Bopkri 1 Yogyakarta. Ganjar AI dirancang untuk membantu tim pemenangan dan para relawan menyampaikan program dan visi misi pasangan Ganjar-Mahfud kepada masyarakat.

Sebagai sarana kampanye, Ganjar AI dapat digunakan seluruh tim pemenangan dan para relawan dalam membuat narasi yang baik terkait program unggulan pasangan Ganjar Mahfud. Bahkan, publik secara mandiri dapat mengakses informasi tentang visi misi dan program kerja Ganjar-Mahfud.

  1. Super App GPMMD3

Super App GPMMD3 adalah aplikasi serba ada yang diciptakan Relawan MotoGP atau Mobilitas Total Ganjar Pranowo, yang terdiri atas alumni Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) Angkatan 87.

Aplikasi ini bertujuan untuk mendukung secara maksimal Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menawarkan beragam informasi dan update terkini aktivitas Ganjar- Mahfud. Memungkinkan siapa pun berpartisipasi mengawal suara atau melaporkan adanya kecurangan, yang selanjutnya akan ditindaklanjuti Tim Hukum TPN Ganjar-Mahfud.

Aplikasi ini juga diperkaya fitur pemindai KTP Otomatis, LaporGan, Chat GPMMD 24 Jam, Galeri, dan GP Point. Bahkan, kegiatan pasca pemilu, aplikasi ini dapat mengawal jalannya kotak suara melalui fitur Kawal TPS dan Kawal Kotak Suara via LaporGan.

  1. OMG (Oke Mas Ganjar)

Aplikasi OMG (Oke Mas Ganjar), merupakan wadah bagi kalangan anak muda untuk bicara. Saat ini aplikasi OMG telah tersedia di platform Play Store dan App Store, yang dilengkapi beberapa fitur utama, di antaranya Curhat, Podcast, dan Event.

Fitur Podcast adalah ruang yang dapat diisi kegiatan bincang-bincang khas kaum muda. Topik yang diangkat pun beragam, terkait visi misi, program unggulan Ganjar-Mahfud, dan perhatian kaum muda saat ini.

Sedangkan fitur Event dapat digunakan semua kelompok relawan Ganjar-Mahfud, Tim Pemenangan Nasional, Tim Pemenangan Daerah, Tim Pemenangan Cabang, Calon Legislatif, dan Partai Pendukung untuk menginformasikan serta menyebarluaskan kegiatan-kegiatan pengumpulan massa pendukung Ganjar-Mahfud. Selain itu, fitur Event dapat digunakan untuk Pendaftaran peserta kegiatan. Untuk setiap kegiatan yang berbeda OMG akan menyediakan barcode khusus.

  1. Ganjar-Mahfud App

Ganjar-Mahfud App yang khusus dibuat teman-teman muda Ganjar Pranowo. Aplikasi ini berperan sebagai aggregator dan menyediakan berbagai macam konten komunikasi tentang Ganjar-Mahfud. Kelebihan keempat aplikasi ini adalah dapat menghadirkan pengalaman tersendiri bagi calon pemilih dan menjadi bagian penting dalam proses pelaksanaan Pilpres 2024.

Daripada membaca posisi kebijakan seseorang di situs web. Aplikasi ini diklaim kaya kreativitas, ada chatbot AI dengan platform yang menghadirkan jawaban, dan didukung data sehingga membuat penggunanya merasa terhubung langsung dengan kegiatan kampanye.

5.Aplikasi Jangkar Ganjar

Jangkar Ganjar dirancang untuk mendukung organisasi relawan dan tim relawan mendukung pemenangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Diklaim, Jangkar Ganjar dapat memonitoring kegiatan kampanye yang memungkinkan pengguna melacak dan memonitor kegiatan kampanye para relawan dan tim,

Jangkar Ganjar menyediakan data aktual dan analisis real-time. Koordinasi Antar Organ Relawan, memfasilitasi integrasi dan koordinasi antar berbagai organ relawan. Jadi, ‘Jangkar Ganjar’ memastikan komunikasi yang efektif dan sinergi yang kuat antar tim.

Selain itu, terdapat fitur Pelaporan Lapangan terkait aduan mengenai kejadian di lapangan, aplikasi ini membantu tim mendokumentasikan setiap aspek penting kampanye, memastikan transparansi, dan akuntabilitas.

6.SKRP Technology

SKRP Technology, yang dikembangkan Tim Malang. SKRP Technology telah digunakan untuk manajemen organisasi dan aktivitas di lebih dari 14 organisasi relawan di seluruh Indonesia. Teknologi SKRP menjadi salah satu backbone pengolahan big data, hub informasi, dan task management yang memiliki berbagai fitur yang mudah digunakan para relawan. (SP)

Related posts

Kecelakaan Maut di Depan Sekolah, 10 Orang Tewas, Diantaranya 7 Siswa SD

Ester Minar

Heboh! WNA Dideportasi Lantaran Bongkar Kasus Narkoba, Polda dan Imigrasi Buka Suara

Ester Minar

Sebar Video Panglima TNI Dukung Anies Baswedan, Akun YouTube Dipolisikan

Ester Minar

Leave a Comment