suryapagi.com
MISTERIRAGAM

Jejak Mistis Sederet Pantai Indah Yang Dianggap Wingit

Di balik keindahan dan panorama yang indah, terdapat sederet pantai yang dianggap sebagai pantai wingit yang berselimut legenda mistis, dan juga mitos di luar nalar.

Pantai Watu Ulo

SPcom JEMBER – Terletak di Kabupaten Jember, Jawa Timur,  daya tarik Pantai Watu Ulo terletak pada keberadaan batu karang yang berbentuk menyerupai ular, yang merentang dari bibir pantai hingga tepi laut. Memiliki panjang sekitar 110 meter dengan lebar kurang lebih 4 meter, uniknya tekstur batu tersebut seolah menyerupai bentuk sisik ular. Konon batu tersebut adalah bagian dari tubuh ular naga jahat, yang dikalahkan oleh seorang ksatria bernama Joko Mursodo. Dan di setiap Malam Jumat Kliwon/ di pantai tersebut akan terlihat ular besar seperti naga, yang hanya dapat diliihat keberadaannya oleh orang-orang yang memiliki kepekaan indra tersendiri. Karenanya warga sekitar pantai pun acap menggelar ritual  sedekah laut dengan memotong kepala kambing dan dilarung, di setiap Malam Satu Suro.

Pantai Slamaran

pantai Slamaran berlokasi di kawasan Pesisir Pekalongan, tepatnya di Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan, Jawa Tengah. Namun di balik keindahannya, menyembur kisah mistis dan legenda terkait  dari seorang makhluk ghaib yang disebut-sebut sebagai sang penguasa Pantai Utara. Warga setempat menyebutnya sebagai Dewi Lanjar, sosok cantik jelita yang diangkat menjadi ratu di Pantai Utara oleh Kanjeng Ratu Kencana Sari atau lebih dikenal sebagai Gusti Kanjeng Ratu Kidul. Konon, Dewi Lanjar secara khusus diperintah oleh Gusti Kanjeng Ratu Kidul untuk menjaga ekosistem kawasan Pantai Utara Pulau Jawa, termasuk Pantai Slamaran///

Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo merupakan pantai yang masih dalam kawasan Pantai Bantul, Yogjakarta, yang  masih segaris dengan Pantai Parangtritis. Tidak heran, jika kedua pantai ini pun dikenal dengan kemistikannya. Dan sama seperti Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo juga dikeramatkan oleh penduduk sekitarnya. Selain keberadaan Gerbang Gaib menuju Kerajaan Nyi Roro Kidul, kisah magis lainnya hadir dari Cepuri Parang Kusumo. Konon inilah tempat yang merupakan saksi bisu pertemuan antara Panembahan Senopati dengan Nyi Roro Kidul, guna meminta bantuan saat Panembahan Senopati menghadapi perang.

Pantai Glagah Wangi

Pantai Glagah Wangi terletak  di pesisir Pantai Utara Jawa, tepatnya di Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat setempat, konon di Pantai Glagah Wangi terdapat kerajaan ghaib yang dihuni oleh dua ular besar berkepala manusia. Lokasi kerajaan ghaib tersebut agak menjorok ke tengah laut, dengan daerah kekuasaan dari bibir pantai hingga tengah laut. Karenanya berlaku larangan tidak tertulis, dimana  pengunjung Pantai  Glagah Wangi dilarang berbicara sembarangan sekaligus menjaga kesopanan dalam bersikap, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, karena murkanya sang penguasa pantai. (SP)

Related posts

Tok, Ririn Dwi Ariyanti dan Aldi Bragi Cerai

Ester Minar

Kementerian PUPR Bakal Membangun 2.600 Rumah di Cianjur

Ester Minar

Capek Jalani Hidup, Rachel Vennya Sempat Ingin Bunuh Diri

Ester Minar

Leave a Comment