suryapagi.com
METRONEWS

IKWI Dorong Perempuan Tingkatkan Partisipasi Dalam Pemilu 2024

SPcom JAKARTA – Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) mengadakan seminar bertema “Peranan Perempuan Dalam Pemilu”, di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Rabu (17/1/2024).

Ketua IKWI Pusat, Andi Dasmawati menjelaskan, seminar yang merupakan rangkaian acara peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 ini juga dimaksudkan untuk memberi pemahaman terkait Pemilu. Keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen yang telah diatur dalam UUD 1945, UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan UU Nomor 2 tahun 2008 jo UU Tahun 2001 tentang Partai Politik.

“IKWI menginiasasi seminar ini untuk membangkitan semangat perempuan dan juga partisipasi perempuan dalam Pemilu. Serta komitmen untuk mendorong tercapainya kuota perempuan 30 persen,” ucapnya.

Staf Ahli Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Indra Gunawan hadir mewakili Menteri PPPA Bintang Puspayoga, menyambut baik seminar ini.

“Kami (PPPA) mengapresiasi peran IKWI dalam mendorong isu perempuan dalam perpolitikan di Indonesia. Dan kontribusi perempuan dalam menguatkan visi bangsa untuk mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan kaum perempuan,” katanya.

Menurutnya, saat ini masih banyak tantangan ketimpangan gender dalam perpolitikan di Tanah Air. Contohnya, saat ini hanya Badan Perwakilan Daerah yang sudah memenuhi kuota keterwakilan perempuan 30 persen di parlemen.

“Kementerian PPPA tentu juga terus mendorong keterwakilan perempuan dalam hal pengambil kebijakan baik di parlemen mau pun di pemerintahan. Kita harapkan, lebih banyak lagi jabatan strategis perempuan baik di legistalif, yudikatif fan eksekutif,” tuturnya.

Sementara Ketua PWI Hendry Ch Bangun mengatakan, PWI sebagai pembina langsung dari IKWI bertugas membantu dan membina IKWI untuk berjalan dengan baik dalam mengembangkan organisasinya.

“Kita ingin IKWI berjalan dengan baik, termasuk menjalin komunikasi dengan partner (rekanan). Kami mendukung dengan sepenuh hati, baik moral maupun materil agar IKWI terus berkembang,” tukasnya.

Selain dari IKWI dan Kementerian PPPA, hadir juga Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, Prof. Dr. Nurliah Nurdin yang ingin perempuan menjadi pemilih yang cerdas. Selain itu bisa menjadi pengawas Pemilu yang jurdil serta menolak money politic.

Related posts

Petugas Gabungan Sidak Izin Hotel Sambina di Pegadungan

Sandi

Kapolda Metro Jaya Beri Penghargaan 23 Personel Juara Taekwondo Kapolri Cup 2024

Ester Minar

Viral! Moge Melintasi JLNT Antasari, Polisi Akan Tindak Tegas

Ester Minar

Leave a Comment