suryapagi.com
HEADLINEMETRONEWS

Buka SJI, Mendikbudristek Semangati Jurnalis Di Tengah Kemajuan Teknologi AI

SPcom BANDUNG – Kemajuan teknologi yang semakin canggih, membuat dunia jurnalisme saat ini bersaing dengan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Namun hal tersebut menjadi tantangan tersendiri untuk jurnalis agar tetap bisa menampilkan karya yang berkualitas.

Hal itu disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya dipembukaan Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) Kelas Muda Angkatan pertama, di Sekretariat PWI Jawa Barat, Kota Bandung, Selasa (5/2/2024).

“Tentunya teknologi telah mengubah segala aspek daripada sektor jurnalisme, disruptif kondisinya. Tapi itu bukan alasan untuk menurunkan kualitas jurnalisme, kita harus berkompetisi dengan AI sekarang. Kita harus berintegritas, berpikiran kritis, kita harus menulis dengan hati nurani, karena itu yang tidak dimiliki oleh mesin kecerdasan buatan,” kata Nadiem.

Menurutnya, dalam penyajian berita, seluruh informasi harus tampilkan secara lengkap. Sehingga pembaca dapat mengerti tentang isu maupun narasumber dan pihak terkait berita tersebut.

“Bahkan orang terkenal pun dijelaskan siapa dia, seolah-olah pembaca tidak mengetahui hal itu. Itu adalah standar jurnalisme yang perlu diterapkan, sehingga masyarakat pun naik tingkat literasinya. Sekarang misinformasi, disinformasi menjadi sangat rentan di masyarakat, karena tidak ada standar penulisan yang komprehensif dan integritas yang kuat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Pusat, Hendri Ch Bangun menyebut SJI merupakan lanjutan dari program yang sebelumnya sudah digagas tahun 2016 lalu. SJI adalah program peningkatan kompetensi dan wawasan yang sesuai dengan perkembangan zaman.

“Pada saat itu, pertama kali diadakan di Palembang tahun 2010 dengan pemberi kuliah pertama Presiden SBY. Untuk kali ini, multitasking jurnalisme menjadi andalan. Termasuk berpikir kritis, berwawasan kebangsaan, dan menjaga integritas,” tandasnya.

Related posts

Yani Wahyu Purwoko, Camat ‘Koboi’ Yang Jadi Walkot Jakbar

redaksi

Bupati Tangerang Kebut Pembangunan Sanitren di Ratusan Ponpes

Sandi

Polisi Selidiki Peluru yang Nyasar ke Tangan Seorang Ibu

Ester Minar

Leave a Comment