suryapagi.com
HEADLINETNITNI/POLRI

KSAD Terima Gelar Kapita Ahli Besi Malamo Dari Kesultanan Ternate

SPcom TERNATE – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak resmi menyandang gelar dari Kesultanan Ternate, “Kapita Ahi Besi Malamo” (Panglima Besar Angkatan Darat).

Didampingi Ketua Umum (Ketum) Persit Kartika Chandra Kirana (KCK), Uli Simanjuntak, Kasad menerima penganugerahan gelar adat, dalam Kunjungan Kerja (Kunker) di Ternate, Maluku Utara, Senin (5/2/2024).

Penyemangatan dilakukan langsung oleh Yang Mulia Sultan Ternate Hidayatullah Sjah. Prosesi penganugerahan gelar diawali dengan tradisi Joko Kaha, yaitu tradisi yang merupakan bentuk penghormatan kepada tamu, khususnya pemimpin negara atau kerajaan, yang berkunjung ke Ternate.

Kemudian, prosesi dilanjutkan dengan pembacaan naskah gelar adat, dan puncaknya penyematan Lastar Ngungare/ikat kepala khas Ternate kepada Kasad.

Maruli menyampaikan rasa hormat dan bangganya atas penganugerahan gelar adat Kesultanan Ternate yang diberikan kepadanya. Tak lupa, jenderal bintang empat itu juga mengungkap bahwa TNI AD memiliki berbagai program yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk warga Ternate.

“Mudah-mudahan kehormatan ini dapat mengingatkan saya untuk senantiasa menggelar kegiatan di Ternate. Karena, kami di TNI AD memiliki banyak program-program yang dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Kita sudah coba lakukan itu di beberapa tempat, dan hasilnya cukup baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Sultan Ternate menjelaskan bahwa penganugerahan gelar ini didasarkan pada penilaian atas sepak terjang, disertai harapan. Agar Kasad kelak dapat menjadi pemimpin yang besar dengan karakter yang sangat kuat, dan dapat mengawal serta menjaga bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar, mulia dan berdaulat.

“Bisa lebih kuat lagi mempertahankan adat istiadat dalam menjaga keutuhan NKRI,” tuturnya.

Related posts

Polisi Grebek Rumah Penimbun 9.600 Liter Minyak Goreng

Ester Minar

Kisruh Biaya Parkir di Apartemen City Park, Pengamat: P3SRS Sudah Layak?

Sandi

Mayjen TNI Arif Rahman Resmi Jabat Danpussenif Kodiklat TNI AD

Sandi

Leave a Comment