suryapagi.com
NEWSPOLITIK

Ingat! Pemilih Dilarang Foto dan Rekam Saat Mencoblos di Bilik Suara

SPcom JAKARTA – Pemungutan suara Pemilu 2024 akan digelar besok, Rabu (14/2/2024). Warga yang memiliki hak pilih dilarang mengambil foto ataupun merekam coblosannya di dalam bilik suara.

Larangan menggunakan handphone (HP) di bilik suara tercantum dalam Pasal 25 Ayat (1) Huruf (e) PKPU Nomor 25 Tahun 2023 yang menyebutkan sebelum pemilih melakukan pemberian suara, ketua KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) mengingatkan dan melarang pemilih membawa telepon genggam dan/atau alat perekam gambar lainnya ke bilik suara.

Keputusan KPU Nomor 66 Tahun 2024 juga menyebut Ketua KPPS memberikan penjelasan kepada pemilih meliputi larangan menggunakan telepon genggam dan/atau alat perekam gambar lainnya di bilik suara, serta mengingatkan dan melarang pemilih membawa telepon genggam dan/atau alat perekam gambar lainnya ke bilik suara.

Larangan terkait dokumentasi hak pilih di bilik suara tertuang dalam Pasal 28 Ayat (2) PKPU Nomor 25 Tahun 2023 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilihan Umum, yang menyatakan bahwa pemilih tidak boleh mendokumentasikan hak pilihnya di bilik suara.

Keputusan KPU Nomor 66 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilihan Umum juga mengatur pemilih tidak boleh mendokumentasikan hasil pencoblosan terhadap surat suara yang dilakukan di bilik suara.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari juga pernah mengingatkan warga terkait larangan-larangan di bilik suara saat pemungutan suara Pemilu 2024. Hasyim mengingatkan tidak boleh merekam atau mengambil foto proses pencoblosan di bilik suara.

“Kalau bawa HP saja boleh. Tapi tidak boleh merekam,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (31/1/2024).

Hasyim Asy’ari mengingatkan salah satu asas pemilu adalah rahasia. Hasyim mengatakan pilihan seseorang dalam pemilu harus dirahasiakan.

“Intinya begini, asas pemilu itu rahasia sehingga pilihannya harus dirahasiakan. Sehingga membawa alat rekaman, baik suara, video, foto, pertanyaannya kira-kira mau dipakai apa? Kalau mau dilaporkan ke tim kampanye, tim pemenangan termasuk menjaga kerahasiaan nggak?” ujarnya.

Sebagai informasi, pemungutan suara alias pencoblosan Pemilu 2024 akan digelar pada Rabu, 14 Februari 2024. Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan dibuka mulai pukul 07.00 hingga 13.00 waktu setempat.

Mengutip Instagram resmi KPU RI, berikut daftar berkas yang harus dibawa ke TPS:

  1. Berkas yang dibawa pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT):
    -KTP-elektronik atau surat keterangan (suket)
    -Formulir model C6 atau surat pemberitahuan
  2. Berkas yang dibawa pemilih dalam daftar pemilih tambahan (DPTb):
    -KTP-elektronik atau surat keterangan (suket)
    -Model A surat pindah memilih
  3. Berkas yang dibawa pemilih dalam daftar pemilih khusus (DPK)
    -KTP-elektronik atau surat keterangan(suket). (SP)

Related posts

Seorang Ustadz Terciduk Bawa Sabu Saat Hendak Ceramah di Lapas

Ester Minar

Dua Anak Dibawah Umur Dilecehkan di Pasar Malam

Ester Minar

Ustadz Cabuli Anak Muridnya Dengan Dalih Untuk Ilmu Kebatinan

Ester Minar

Leave a Comment