suryapagi.com
NASIONALNEWS

Plh Dirjen Bina Adwil Apresiasi Satpol PP dan Satlinmas Dalam Pengamanan Pemilu 2024

SPcom PADANG – Pelaksana Harian (Plh) Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Amran, mengapresiasi jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) atas suksesnya pengamanan Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Amran saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Satpol PP di Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu (2/3/2024).

Kegiatan ini bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Satpol PP dan ke-62 Satlinmas. Tema yang diusung yakni Peran Satpol PP dan Satlinmas dalam Menciptakan Ketenteraman dan Ketertiban Umum serta Perlindungan Masyarakat (Trantibumlinmas) Mendukung Pemilu dan Pilkada 2024.

“Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Satpol PP dan Satlinmas, yang telah berperan aktif dalam menciptakan ketertiban dan ketenteraman umum selama pemilu berlangsung. Sehingga baik pemilihan presiden maupun pemilihan legislatif dapat berjalan secara kondusif,” katanya.

Menurutnya, Satpol PP berperan penting dalam mengawal trantibumlinmas selama pelaksanaan Pemilu dan Pilkada. Yakni dengan melakukan deteksi dini dan cegah dini terhadap segala potensi gangguan trantibumlinmas.

Mengacu pada Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), didapatkan pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) rawan yang dirilis oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada tanggal 11 Februari 2024, terdapat sebanyak 6.904 TPS.

Amran menambahkan, selain Satpol PP, terdapat peran penting Satlinmas dalam mendukung pelaksanaan pemilu. Hal ini sebagaimana diamanatkan Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum bahwa petugas kemananan, ketenteraman dan ketertiban di setiap TPS berasal dari Satlinmas sebanyak 2 personel.

Dari Data Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada Pemilu tahun 2024 terdapat 820.161 TPS. Dengan demikian jumlah keterlibatan Satlinmas di TPS sebanyak 1.640.332 personel.

Amran turut berduka cita atas meninggalnya 24 anggota Satlinmas selama bertugas mengamankan pelaksanaan Pemilu.

“Hal ini menjadi evaluasi bersama kedepannya. Diharapkan pemerintah daerah dapat lebih memperhatikan kondisi kesehatan Satlinmas yang ditugaskan dan memberikan jaminan kesehatan dan keselamatan kerja,” ucapnya.

Amran meminta agar seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas meningkatkan profesionalisme dan integritas.

Dia juga meminta seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas untuk turut serta melakukan pengamanan serta antisipatif terhadap potensi gangguan Trantibum pada setiap tahapan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024.

Related posts

Tak Becus Urus Kebersihan, Kantor Pengelola Rusun City Garden ‘Diuruk’ Sampah Warga

Sandi

Kemensos Bantah Tudingan Pernah Terima Suap dari Perusahaan Jerman SAP

redsp

Wanita yang Dianiaya Polwan Dilaporkan Balik Atas Pelanggaran ITE

Ester Minar

Leave a Comment