suryapagi.com
BISNISHEADLINENEWS

Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House, Habiskan Anggaran Rp 1 Triliun

SPcom DEPOK – Presiden Joko Widodo meresmikan Indonesia Digital Test House (IDTH) di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT), di Tapos, Depok, Selasa (7/5/2024).

Jokowi menyebutkan, IDTH adalah pusat pengujian perangkat digital yang pembangunannya menelan anggaran hampir Rp 1 triliun, tepatnya Rp 980 miliar.

“Jadi kalau peralatannya super canggih seperti itu ya enggak kaget karena anggarannya gede. Dan saya tahu pengujian perangkat ini memiliki peran yang sangat krusial, seluruh perangkat digital diuji di tempat ini,” kata Jokowi.

Setelah diresmikan, IDTH akan menguji berbagai jenis perangkat teknologi, antara lain, laptop, telepon pintar, bluetooth, akses poin televisi digital, dan handy talkie radar.

Pengujian ini dilakukan guna memastikan standard kesehatan dan keselamatan calon pengguna perangkat tersebut sebelum dipasarkan.

Jokowi menyebutkan, fasilitas ini juga sudah memenuhi standard internasional sehingga dapat menjadi pusat sertifikasi perangkat digital terdepan di kawasan Asia Tenggara.

“(IDTH) Tidak boleh berhenti sekadar pengadaan alat dan teknologi saja, tetapi juga menjadi tempat untuk mendorong inovasi, memperkuat ekosistem teknologi digital lokal dengan kemudahan akses sertifikasi,” kata Jokowi.

Ia meminta Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mendorong IDTH menjadi pusat riset dan pengembangan, menggandeng perguruan tinggi, menggandeng startup serta kalangan UMKM.

“Mendorong riset dan paten, mendukung pengembangan pengujian dan sertifikasi produk-produk lokal agar produk perangkat digital dalam negeri mampu bersaing,” ujarnya. (SP)

Related posts

Dipaksa Cabuli Kucing dan Direkam, Bocah SD Tewas

Ester Minar

KSAD Luncurkan Program Manunggal Air di Halmahera Tengah

Sandi

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia Protes Mal Tutup Pukul 17.00 WIB

Ester Minar

Leave a Comment