suryapagi.com
METRONEWSSPORTS

Viral! Atlet Dayung Berlatih di Kanal Penuh Busa, DLH DKI: Limbah Laundry!

SPcom JAKARTA – Sebuah foto yang menunjukkan seorang atlet dayung tengah berlatih di tengah hamparan buih bak permadani di aliran Kanal Banjir Timur (KBT) di kawasan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, viral di media sosial. Ternyata itu adalah busa limbah yang mencemari sungai.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta pun angkat bicara soal busa yang memenuhi aliran sungai BKT itu. Busa yang mengganggu para atlet dayung saat latihan itu disebut berasal dari limbah usaha laundry (penatu) baju.

“Itu sebenarnya juga merupakan dampak. Mohon maaf pada seluruh warga. Itu, kan, dari deterjen, kemudian karena adanya arus sehingga airnya menimbulkan busa,” ungkap Kepala DLH DKI Jakarta, Asep Kuswanto, di kawasan Rorotan, Jakarta Utara, Senin (13/5/2024).

Ia menyebutkan, usai kejadian tersebut, DLH DKI telah mengimbau pengusaha laundry agar membuang limbah usaha mereka dengan cara yang benar.

Menurutnya cara untuk meminimalisasi cairan kimia dari usaha laundry adalah dengan memasang kerikil di saluran pembuangan mereka. Dengan demikian, limbah usaha mereka bisa berkurang dampaknya untuk sungai.

“Kalau industri tersebut tanggung jawab, jadi ada pengolahan sederhana itu menggunakan kerikil-kerikil. Itu ada metodenya sendiri dan diharapkan memang bisa mereduksi (pencemaran) daripada dibuang langsung ke badan air,” ungkapnya.

Sementara itu, Asep mengeklaim bahwa kejadian munculnya busa di aliran sungai BKT memang beberapa kali terjadi.

Karena itu, ia berharap pengusaha laundry bisa mengikuti imbauan agar aliran sungai tersebut tidak tercemari.

Asep mengakui, DLH DKI hingga kini belum bisa menindak lebih jauh terhadap pengusaha laundry yang tergolong masih UMKM.

“Bagaimanapun juga industri kecil yang memang menghasilkan limbah itu juga ada kewajiban untuk mengolah limbah cairnya,” tutur dia. (SP)

Related posts

Wanita di Tangerang Tewas Seketika Lantaran Ditabrak Truk

Ester Minar

Tragis! Lift Resort Bintang Empat di Bali Jatuh, 5 Karyawan Tewas

Ester Minar

Pemilik Kontrakan Bacok Pria Pakai Kapak Lantaran Tunggak Kontrakan

Ester Minar

Leave a Comment