suryapagi.com
MISTERIRAGAM

Misteri Jembatan Lobu, Konon Dibangun Dengan Tumbal Manusia

Wanita yang konon selalu berbaju Merah tersebut, dikisahkan kerap muncul tiba-tiba.

SPcom JAKARTA – Dari Banggai, Sulawesi Tengah, inilah misteri Jembatan Lobu. Ya, dibangun di masa Penjajahan Belanda, jembatan ini mengalirkan mitos tentang tiang penopang dengan tumbal manusia, hingga kemunculan sosok wanita misterius. Menjadi jembatan tertua di Luwuk Banggai, Sulawesi Tengah, Jembatan Lobu, yang dibangun pada masa Penjajahan Belanda, tepatnya pada tahun 1940, memiliki legenda tentang pekatnya kisah magis, dalam proses pembangunannya.

Sebagai jalur Trans Sulawesi, yang dulu menjadi satu-satunya penghbung Kecamatan Lobu dan Kemacatan Bunta, jembatan ini ditopang oleh 6 tiang. Tiang-tiang tersebut konon bukanlah tiang biasa. Dari cerita turun temurun, konon setiap tiang tersebut dibangun dengan tumbal manusia. Mitosnya, tumbal tersebut mampu memperkokoh jembatan, sehingga tak usang dimakan zama.

Kuatnya mitos ini di tengah-tengah masyarakat, kian menghadirkan aura supranatural, khususnya ketika warga setempat ataupun pendatang melihat kehadiran sosok wanita misterius. Wanita yang konon selalu berbaju Merah tersebut, dikisahkan kerap muncul tiba-tiba. Sehingga tak jarang pengguna jalan mengalami kecelakaan misterius, di jembatan tersebut.

Jembatan dengan panjang 130 meter dan lebar 3 meter itu, kini telah menjadi cagar budaya, dan tak lagi digunakan sebagai jalur utama. Tapi, hal-hal berbau metafisika, hingga kuatnya mitos tentang tumbal di jembatan tersebut, membuat pemerintah desa seakan-akan terhalang, untuk membuat jembatan itu sebagai tempat wisata.

Jembatan Lain

Tak hanya di Indonesia, di sejumlah negara di dunia, juga terdapat  jembatan dengan sejarah suram. Salah satunya adalah Danvil Bridge, di Indiana, Amerika Serikat. Dari sejumlah sumber disebutkan, bahwa pada proses pembangunannya, seorang pekerja mengalami kecelakaan dan terjatuh ke dalam campuran semen.

Anehnya, setelah beradad-abad berlalu, kisah mistis, termasuk kehadiran suara-suara misterius dan menyeramkan, konon kerap terdengar di jembatan ini. Selain Danville Bridge, kisah tak kalah seram hadir dari jembatan Old Alton Bridge, Texas, Amerika Serikat.

Jembatan yang lebih dikenal dengan nama Goatman’s Bridge tersebut, telah sejak lama mengalirkan kisah misterius, terkait sosok penunggu yang konon berwujud badan manusia namun berkepala kambing.  (SP)

Related posts

Kiat-kiat Cantik dan Bahagia Ala Sandra Dewi

Ester Minar

Marshel Widianto Takut Gagal Dengan Celine Evangelista

Ester Minar

Rumah Ustadz Yusuf Mansur Kembali Digeruduk Massa

Ester Minar

Leave a Comment