suryapagi.com
NEWS

Puluhan Petugas Pemilu Tewas Lantaran Cuaca Panas Ekstrem 45 Derajat Celcius

SPcom JAKARTA – Sebanyak 33 petugas pemungutan suara tewas pada hari terakhir pemilu akibat sengatan gelombang panas melanda sebagian besar wilayah di India. kepala petugas pemilu di negara bagian utara Uttar Pradesh, Navdeep Rinwa mengatakan tempat pemungutan suara pada tahap ketujuh dan terakhir pemilu berakhir pada Sabtu (1/6) waktu setempat.

Secara total sebanyak 33 petugas pemungutan suara tewas akibat cuaca panas yang tembus hingga 52 derajat celcius itu.

“Kompensasi uang sebesar 1,5 juta rupee (Rp292 juta) akan diberikan kepada keluarga almarhum,” kata Rinwa kepada wartawan dikutip dari AFP.

India memang sedang mengalami musim panas yang sangat terik. Bahkan sebagian wilayah ibu kota Delhi mencatat suhu tertinggi di wilayah itu mencapai 52,9 derajat celcius pada pekan ini.

Melansir Reuters, Departemen Meteorologi India menyebut, meskipun suhu di barat laut dan tengah India diperkirakan akan mengalami penurunan dalam beberapa hari ke depan, tapi gelombang panas yang terjadi di India Timur kemungkinan akan tetap berlanjut hingga dua hari ke depan.

Mereka juga mengatakan saat ini gelombang panas memang mencapai suhu 4,5 derajat celcius hingga 6,4 derajat celcius lebih tinggi dari suhu rata-rata.

India tengah menggelar pemilu di tengah gelombang panas yang terjadi tahun ini. Tahap akhir pemungutan suara sendiri dijadwalkan akan dilaksanakan Sabtu dan suara akan dihitung pada Selasa.

Pemerintah setempat bahkan menyarankan warga agar tidak melakukan aktivitas di luar ruangan antara pukul 11.00 hingga 15.00 waktu setempat, sebab di jam-jam tersebut diprediksi suhu sedang berada di puncak panasnya. (SP)

Related posts

Heboh! Driver Ojol Tewas Tertancap Besi Gerobak

Ester Minar

Sopir Truk Ditemukan Tewas di Tol

Ester Minar

Ibu Penjual Bubur Dibunuh Anak Kandung

Ester Minar

Leave a Comment