suryapagi.com
NASIONALNEWS

Lemhanas Akan Gembleng Anggota DPR RI dan DPD RI 2024

Diharapan nantinya anggota DPR RI maupun DPD RI ini mempunyai wawasan tentang kebangsaan, ketahanan nasional, kewaspadaan nasional, dan juga tata kelola bernegara.

SPcom JAKARTA – Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) bakal menggembleng calon anggota DPR RI dan DPD RI terpilih hasil Pemilu Legislatif 2024. Calon legislator dan senator itu akan menjalani pelatihan berkenaan dengan nilai-nilai kebangsaan. Hal itu disampaikan Plt Gubernur Lemhanas Letjen TNI Eko Margiyono, usai menandatangani nota kesepahaman dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (25/6).

Menurut Eko, kerja sama antara pihaknya dan KPU bertujuan untuk memberikan pembekalan maupun pemantapan nilai-nilai kebangsaan calon anggota DPR RI dan DPD RI terpilih. Untuk menggelar kegiatan tersebut, Lemhanas, sambungnya, juga sudah berkomunikasi dengan Kesekjenan DPR RI dan DPD RI.

“Pada intinya kita ingin anggota dewan, DPR RI maupun DPD RI ini mempunyai wawasan tentang kebangsaan, tentang ketahanan nasional, tentang kewaspadaan nasional, termasuk tata kelola tentang bernegara,” ujarnya, seperti dilansir mediaindonesia.  

Eko mengatakan, rencananya, pemantapan nilai-nilai kebangsaan bagi calon legislator dan senator terpilih itu akan digelar pada September, sebelum mereka semua dilantik menjadi anggota DPR RI dan DPD RI periode 2024-2029.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan, kerja sama yang dijalin dengan Lemhanas bukan kali ini saja terjadi. Lima tahun lalu, ia menyebut juga terdapat kerja sama serupa untuk penguatan nilai-nilai kebangsaan calon legislator dan senator terpilih.

“Saya kira ini penting supaya kemudian para anggota DPR ketika menjalankan tugas-tugasnya lima tahun ke depan satu periode ini, yang ada di dalam pikiran hati maupun jiwanya adalah jiwa kebangsaan, kepentingan bangsa negara yang diutamakan daripada kepentingan-kepentingan yang lain,” pungkas Hasyim. (SP)

Related posts

Rem Blong, Truk Tronton Tabrak 2 Warung

Ester Minar

Viral, Jenazah di Rumah Kontrakan Digotong Petugas Ber-APD

Ester Minar

Viral! Pria Berpelat TNI Pukul Orang di Tol, TNI Selidiki

Ester Minar

Leave a Comment