suryapagi.com
NEWSPOLITIK

KPU: Ini Hasil Tes Kesehatan 3 Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta

SPcom JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta, telah menerima hasil pemeriksaan kesehatan dari tiga pasangan bakal calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Jakarta, dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, Gambir, Jakarta Pusat.

Penyerahan berkas dipimpin oleh Direktur RSUD Tarakan, Dian Ekowati beserta sejumlah dokter yang tergabung dari tim penilai dan pemeriksa yang tiba di kantor KPU Jakarta, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, pukul 15.14 WIB.

Berkas hasil pemeriksaan kesehatan kemudian diserahkan oleh tim penilai dan pemeriksa kepada Ketua KPU Jakarta, Wahyu Dinata.

“Hasil pemeriksaan kesehatan paslon menjadi bagian dari syarat administrasi untuk bisa mengikuti gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Semua paslon gubernur dan wakil gubernur yang akan berkontestasi diwajibkan dinyatakan sehat baik jasmani dan rohani serta bebas dari penyalahgunaan narkoba,” kata Wahyu.

Setelah menerima berkas pemeriksaan kesehatan semua paslon, nantinya KPU Jakarta akan segera melakukan penelitian administrasi.

Hasil penelitian administrasi itu kemudian akan disampaikan KPU Jakarta kepada masing-masing paslon melalui sistem informasi pencalonan (Silon) pada 5-6 September mendatang.

“Inilah yang kami pakai untuk melakukan penelitian administrasi bakal pasangan calon yang nanti akan kami sampaikan melalui Silon kepada bakal pasangan calon yaitu mulai 5 September sampai 6 September,” tambahnya.

Diketahui, pemeriksaan kesehatan telah dilakukan terhadap ketiga paslon yakni Pramono Anung-Rano Karno, Ridwan Kamil- Suswono dan Dharma Pongrekun-Kun Wardhana.

Pemeriksaan meliputi USG, sampel darah, urine, hingga status penyalahgunaan narkotika. Kemudian, pemeriksaan psikiatri, mental, tes psikologi, dan wawancara. Pemeriksaan fisik dan penunjang lainnya, meliputi paru-paru (spirometri), THT, mata, dan gigi. Lalu, tes kejiwaan (minnesota multiphasic personality inventory/MMPI), berlari menggunakan alat (treadmill), ekokardiografi, dan magnetic resonance imaging (MRI).

MRI digunakan untuk mengetahui anatomi di dalam tubuh, mulai tungkai, tulang belakang, saraf, otak, perut, jaringan dan otot, dan organ tubuh lainnya.

Sebelumnya, ketiga paslon gubernur dan wakil gubernur Jakarta telah melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Tarakan sejak 30 Agustus hingga 1 September 2024. (SP)

Related posts

Presiden Jokowi Resmi Lantik Irjen Pol Marthinus Hukom Sebagai Kepala BNN

Ester Minar

Kecelakaan di Tol Jakarta arah Cikampek

Ester Minar

Ketua DPD RI Siap Kawal Presiden Terpilih Prabowo Perkuat Pancasila

Sandi

Leave a Comment