suryapagi.com
NEWS

DPR RI Gelar Rapat Paripurna Pengangkatan Kepala BIN

SPcom JAKARTA – DPR RI menggelar rapat paripurna ke-4 masa persidangan I tahun sidang 2024-2025. Rapat digelar di gedung Nusantara II MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2024). Sebanyak 382 anggota DPR hadir dalam rapat paripurna.

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Tampak hadir mendampingi Wakil Ketua DPR yang lain, yakni Sufmi Dasco Ahmad, Adies Kadir, Saan Mustopa, dan Cucun Ahmad Syamsurijal.

“Menurut catatan dari Sekretariat Jenderal DPR RI, daftar hadir pada permulaan rapat paripurna DPR hari ini telah ditandatangani oleh 382 orang anggota dan izin 5 orang sehingga total 387 anggota dari seluruh fraksi yang ada di DPR RI,” tutur Puan.

“Dengan demikian, kuorum telah tercapai, dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, perkenankanlah kami selaku pimpinan Dewan membuka rapat paripurna DPR RI yang keempat masa persidangan satu tahun sidang 2024-2025 dan kami nyatakan dibuka dan terbuka untuk umum,” tambahnya.

Adapun agenda rapat paripurna ialah persetujuan pemberian pertimbangan pemberhentian dan pengangkatan calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Muhammad Herindra menjadi satu-satunya calon Kepala BIN, yang menjalani fit and proper test pada Rabu (16/10).

Uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) itu dipimpin oleh Puan. Puan menyebut, berdasarkan hasil fit and proper test tersebut, DPR menyepakati Herindra sebagai calon Kepala BIN.

“Ya alhamdulillah kami baru saja pimpinan DPR bersama dengan tim, tim perwakilan dari semua fraksi, delapan fraksi yang ada di DPR, melakukan pertimbangan atau fit and proper terkait dengan calon Kepala BIN atas nama Bapak Muhammad Herindra,” kata Puan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/10).

Dia mengatakan tim yang melakukan uji kelayakan telah sepakat Herindra menjadi Kepala BIN. Dia mengatakan Herindra akan dilantik oleh Prabowo Subianto setelah resmi menjadi Presiden.

“Hasil dari tim pertimbangan tersebut menyatakan Bapak Herindra sebagai satu-satunya calon Kepala BIN dinyatakan kami terima untuk bisa dilantik pada waktunya oleh Presiden yang akan datang, yaitu Presiden Prabowo Subianto,” ujarnya. (SP)

Related posts

Seorang Pria Memukul Kepala Anak Tetangganya Menggunakan Balok Paving Hingga Tewas

Ester Minar

Pemuda Dibacok Kelompok Berandal Motor

Ester Minar

Puluhan Siswa Ditangkap Usai Konsumsi Narkoba di Sekolah

Ester Minar

Leave a Comment