Keluar Dari Zona Nyaman, Anna Yulia Berhasil Kembangkan Bisnis Mesin Fotokopi

0 70

SPcom TANGSEL – Keuletan menjadi satu kata yang dimiliki Anna Yulia, salah satu pebisnis perempuan yang cukup sukses di Tangerang Selatan.

Perempuan kelahiran Jakarta ini bersama suaminya, Sulaiman, bergelut dalam bisnis mesin fotokopi. Tidak hanya menjual, perusahaan yang dibangun sejak 2012 lalu ini pun juga menyewakan dan memberikan layanan maintenance.

Bukan perkara mudah untuk Anna memutuskan untuk membangun bisnisnya. Sebab wanita lulusan PGTK Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA ini pun sebelumnya berkarir di beberapa perusahaan.

“Jadi saya memutuskan untuk usaha karena saat itu secara karir kurang berkembang. Kebetulan bekerja di bidang penjualan mesin fotokopi, dan dilihat cukup prospektif,” ucap ibu dua anak ini.

Berbekal uang tabungannya, Anna bersama suaminya pun memberanikan diri untuk memulai bisnis penjualan fotokopinya sendiri. Sebagai pendatang baru, Anna pun sangat sering ditolak oleh intansi maupun perusahaan yang ditawarkan produknya.

Berbekal keuletan dan motivasi ingin menjadi lebih baik, akhirnya Anna bisa mendapatkan klien pertamanya. “Ya kalau ditolak sih awalnya sering. Lalu ada sebuah pabrik di Cikarang (Bekasi) yang mau membeli langsung tiga unit mesin fotokopi,” kenangnya.

Dari sinilah semangat Anna dan suami kembali ke puncak. Ia semakin semangat untuk bisa membesarkan usahanya.

Seiring berjalannya waktu, bisnis yang di bawah bendera PT. Mulya Mitra Copierindo ini pun mulai berkembang. Pemasarannya semakin luas tidak hanya di Jakarta ataupun Pulau Jawa, tetapi merambah ke Kalimantan, Sumatera dan Papua.

“Karena cukup kewalahan, makanya kami butuh tambahan orang. Untuk administratif,marketing, dan teknisi” ucap wanita berzodiak Capricorn ini.

Menurut Anna, pandemi Covid-19 memang cukup mempengaruhi bisnisnya. Namun karena kerja keras dirinya, suami dan para pegawainya, hingga saat ini usahanya masih bisa bertahan.

“Pandemi ini penurunan penjualan hingga 50 persen. Tapi kita berusaha berinovasi dan bertahan. Karena bukan hanya penjualan, kami kan punya layanan service dan maintenance,” terangnya.

Bahkan saat ini Anna pun tengah merencanakan untuk membuka cabang di daerah Jawa Timur. Ini dilakukan untuk bisa memberikan layanan lebih cepat kepada konsumen.

“Antara kota Malang atau Surabaya tapi belum final, mudah-mudahan secepatnya bisa terwujud,” ungkap Anna kepada Suryapagi.com saat ditemui di kantornya, Jl Garuda No. 2, Rempoa, Ciputat Timur.

Meskipun begitu, Anna berharap agar pandemi Covid-19 bisa cepat berakhir. Sehingga iklim ekonomi Indonesia bisa kembali positif.

“Harapannya agar covid segera berlalu, ekonomi masyarakat membaik banyak bisnis yang bisa pulih dari cobaan bisnis, dan bagi pebisnis jangan menyerah terus berfikir kreatif,” tandas perempuan berkacamata ini. (Kor)

Leave A Reply

Your email address will not be published.