suryapagi.com
METRONEWS

Pemprov DKI Perpanjang PSBB Transisi Hingga Tahun Depan

SPcom JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperpanjang PSBB Transisi hingga 3 Januari 2021.

Kebijakan ini didasari atas pertambahan kasus positif COVID-19 yang belum belum ada tanda-tanda penurunan. Selain itu langkah antisipasi lonjakan kasus akibat libur Natal dan tahun baru.

Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Per 20 Desember 2020, kasus konfirmasi positif di Jakarta mencapai 163.111. Angka ini meningkat 13,3% dibandingkan dua pekan sebelumnya dari 143.961 kasus pada 6 Desember.

“Kami mencatat bahwa kenaikan persentase kasus terkonfirmasi positif signifikan mulai terjadi sejak pertengahan bulan November dan kini stabil di angka 13%,” ungkap Widyastuti, Kepala Dinkes DKI Jakarta, seperti dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta, Senin (21/12/2020).

Sementara itu, rata-rata positivity rate harian per bulan di DKI Jakarta tercatat stabil di angka 9% selama 3 bulan terakhir, yaitu 9,6% (Oktober); 9,1% (November) dan 9,6% (Desember). Adapun standar aman positivity rate dari WHO adalah di bawah 5%. Sedangkan Nilai reproduksi efektif (Rt) yang menjadi indikasi tingkat penularan di masyarakat menunjukkan skor 1,06 per 19 Desember 2020. Nilai Rt harus berada di bawah 1 agar wabah COVID-19 terkendali dengan baik.

“Jika kita melihat indikator dari BNPB, terjadi transisi risiko dari yang tadinya sedang menjadi tinggi. Dimana skor kita pada minggu sebelumnya sebesar 1,8975 menjadi 1,8025 pada minggu ini. Dari kenaikan kasus positif dan kasus positif yang dirawat di rumah sakit,” terangnya.

Melihat berbagai data tersebut, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, menekankan fokus Pemprov DKI pada perpanjangan PSBB Masa Transisi kali ini adalah lebih kepada mengendalikan mobilitas penduduk yang memiliki potensi lonjakan kasus. Terlebih mobilitas penduduk kembali ke Jakarta usai gelaran Pilkada serta periode ke depan, yakni libur akhir tahun.(SP)

Related posts

Sadis! Bayi Empat Bulan Disiram Air Panas Oleh Ibunya

Ester Minar

Belum Serahkan LHKPN, ICW Laporkan 55 Anggota DPR ke MKD

Sandi

Heboh! Guru Tabrak Tiga Murid Saat Mundurkan Mobil

Ester Minar

Leave a Comment