9.201 Keluarga di Tangsel Jadi Orang Miskin Baru

0 65

SPcom TANGSEL – Dinas Sosial Kota Tangerang Selatan mengajukan penambahan 9.201 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial (Bansos) untuk 2021.

“Jumlah penerimanya ada peningkatan. Di tahun 2020 itu sejumlah 83.546 KPM, untuk tahun 2021 ada penambahan menjadi 92.747 KPM dari Kemensos,” ujar Kadis Sosial Kota Tangsel, Wahyunoto Lukman, Senin (4/1/2021).

Menurutnya, penambahan tersebut berasal dari usulan pihak RT dan RW. Semua NIK dan nomor KK diinput dalam Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial.

“Diinput di sistem salah satu anggota keluarga penerima. Itu usulan dari RT RW dan ada juga perbaikan-perbaikan,” ungkapnya

Wahyu menerangkan, bansos kali ini akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia secara tunai. Setiap KPM dapat Rp 300.000 per KPM per bulan, selama 4 bulan.

“Cukup membawa KTP, dia terdaftar langsung diberikan bantuan. Berbeda dengan bank, selama ini kesulitan harus buka rekening. Jadi kebijakan dari Kemensos langsung dari PT Pos,” tuturnya.

Selain BST Kemensos, lanjutnya, ada juga bansos dari Provinsi Banten di 2021 dengan jumlah Rp 600 ribu per KPM. Bantuan dari dana APBD Tangsel sendiri masih menjadi cadangan untuk keadaan tertentu.

“Secara umum semua data usulan dari RT RW termasuk keluarga miskin yang di sistem terpadu kesejahteraan sosial sudah tercover dari BST kemudian dari Provinsi Banten,” tutupnya.(kor)

Leave A Reply

Your email address will not be published.