Dewan Pers Sambangi Kantor Suryapagi Untuk Verifikasi Faktual

0 162

SPcom TANGSEL – Tim dari Dewan Pers melakukan verifikasi faktual media Suryapagi.com, di Jl. Bonjol, Pondok Karya, Tangerang Selatan, Jumat (14/1/2021). Ini kelanjutan setelah Suryapagi.com terverifikasi secara administrasi pada 30 Desember 2020.

Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, dan Ratifikasi Pers Dewan Pers Indonesia, Ahmad Djauhar Tas’an mengungkapkan, bahwa ini salah satu fungsi Dewan Pers. Untuk mendata perusahaan pers sebagai mana diamanatkan undang-undang (Pasal 15 butir g UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers).

“Untuk itulah Dewan Pers mengemban amanat undang-undang ini tidak main-main. Kami harus selain memverifikasi secara administratif juga kami harus melihat sendiri mana perusahaan pers ini lokasinya dimana,” ujarnya.

Djauhari menambahkan, jika perusahaan media ingin masuk ke dalam yuridiksi UU No 40 tahun 1999, maka perusahaan tersebut harus mematuhi ketentuan yang digariskan oleh Dewan Pers.

“Bagian hak setiap orang berekspresi itu dijamin konstitusi termasuk membuat media. Tapi kalau mereka ingin perusahaan profesional dan memperoleh perlindungan di bawah yurisdiksi UU Pers, dia harus menaati ketentuan seperti yang digariskan melalui Dewan Pers yaitu standard perusahaan pers,” jelasnya.

Sementara Pimpinan Redaksi Suryapagi.com, Badar Subur menerangkan bahwa telah memiliki standard sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Dewan Pers. Manajemen akan terus menjaga integritas dan dedikasi sebagai perusahaan pers yang baik.

“Alhamdulillah, Saya yakin kami telah memiliki standar dan inilah salah satu misi kami dalam memajukan bangsa dengan menjadi media yang berintegritas dan berdedikasi,” tegasnya.

Badar mengungkapkan, sebagai perusahaan pers verifikasi itu perlu karena merupakan amanat dari undang-undang pers. Agar terbentuk perusahaan media yang bertanggung jawab, baik secara konten maupun kesejahteraan insan pers yang bernaung di Suryapagi.com.(kor)

Leave A Reply

Your email address will not be published.