suryapagi.com
NEWSRAGAM

Viral! Pendeta Gilbert Lumoindong Sindir Zakat dan Sholat, Jusuf Kalla Buka Suara

SPcom JAKARTA – Sebuah video khotbah Pendeta Gilbert Lumoindong viral di media sosial. Dalam video tersebut, Gilbert membandingkan cara ibadah umat Islam dan Kristen dalam konteks zakat dan sholat. Gilbert pun menemui mantan wakil presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla di kediamannya untuk memberikan klarifikasi.

Dia meminta maaf atas potongan video yang tersebar dan mengaku bahwa itu adalah agenda kebaktian yang turut ditayangkan ke YouTube.

“Pertama-tama sebelum saya lanjutkan kalimat saya, mendingan saya dengan segala kerendahan hati minta maaf karena kegaduhan yang ada. Karena sebetulnya kita lagi sibuk setelah Pilpres, mau menyambut pilkada dan baru saja merayakan Idul Fitri, hari raya yang baik dan umat Kristen baru saja merayakan kebangkitan Kristus, lalu mau menyambut kenaikan ke surga,” kata dia di kediaman JK, Senin (15/4/2024).

Jusuf Kalla mengungkapkan bahwa dia kaget dengan potongan video itu dan mengaku kecewa.

“Tadi kami dijelaskan oleh pak Pendeta tentang video yang beredar yang menimbulkan tentu banyak pihak terkejut saya sih terkejut, kecewa juga waktu melihat itu,” kata dia.

Namun JK mengatakan, hidup di negeri ini harus menghargai satu dan lainnya, apalagi terkait toleransi.

“Lakum Dinukum Waliyadin, artinya bagiku agamaku, agama saya agama saya dan agama mu, agamamu. Kita saling menghargai tapi tidak saling mengkritik ataupun menghina,” kata dia.

Gilbert mengatakan, dia tidak ada maksud untuk mengolok-olok apalagi menghina. Dia mengaku dibesarkan di lingkungan yang dekat dengan umat Muslim.

“Kenapa? karena dibesarkan di kampung di Tebet dan rumah saya hanya 200 meter dari masjid dan tidak tempat main saya Masjid itu. Lalu kemudian saya dibesarkan di SD Dewi Sartika. Saya belajarnya bukan agama Kristen di sekolah, itu gak ada guru agama Kristen. Sehingga saya harus belajar agama Islam,” ujarnya.

Dia mengaku bahwa pesan dalam video berdurasi 59 detik itu tidak berlaku untuk umum. Dia juga tak paham kenapa video itu dipotong di bagian itu. Salah satunya dibagikan oleh akun TikTok @alvinlim489.

“Kita orang Islam diajarin bersih sebelum sembahyang, cuci semuanya, saya bilang lu 2,5 (kewajiban zakat di Islam), gue 10 persen bukan berarti gue jorok, disucikan oleh darah Yesus,” kata Gilbert dalam video itu.

Potongan video itu juga menunjukkan Gilbert membandingkan cara ibadah Kristen yang lebih mudah karena hanya seminggu sekali. Selain itu, tak ada tata cara membersihkan diri seperti saat hendak sholat. (SP)

Related posts

Pura-pura Lumpuh, Komplotan Maling Gasak Konter HP

Ester Minar

Heboh, Muncul Petisi Online Protes Cerita Sinetron Ikatan Cinta

Ester Minar

Idul Adha, Menteri Pertahanan Prabowo Sumbang 32 Ekor Sapi

Ester Minar

Leave a Comment