suryapagi.com
NASIONALNEWS

BNPB Bantu Rp 3,5 Miliar Untuk Penanganan Banjir di Kalsel

SPcom JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan dana siap pakai (DSP) sebesar Rp 3,5 miliar untuk penanganan banjir di Kalimantan Selatan.

Kepala BNPB Doni Munardo mengatakan, bantuan tersebut diberikan untuk kabupaten yang paling parah terdampak. Yaitu Kabupaten Balangan, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

“Masing-masing kabupaten tersebut mendapatkan bantuan Rp 500 juta. Dan Rp 1 miliar untuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan,” kata Doni, dikutip dari siaran pers, Senin (18/1/2021).

Menurutnya, Pemerintah Pusat juga akan memberikan bantuan berupa dana stimulan untuk rumah warga yang mengalami kerusakan akibat terdampak banjir. Dana tersebut nantinya akan melalui BNPB.

Besaran dana stimulan untuk rumah rusak berat Rp 50 juta. Sementara Rp 25 juta untuk rumah rusak sedang, dan Rp 10 juta untuk rumah rusak ringan.

Untuk itu, Doni meminta Pemprov dan juga Pemkab/kota untuk melakukan pendataan secara akuran para calon penerima bantuan tersebut.

“Sehingga saat proses pendataan bisa akurat by name by address dan setelah itu kita mungkin sudah bisa memulai untuk program rehabilitasi dan rekonstruksi,” tandasnya.(SP)

Related posts

Selamatkan Kado Ulang Tahun Anak, Pria Tewas Terbakar

Ester Minar

Lagi, Angkat Besi Sumbang Medali Perunggu Lewat Erwin Abdullah

Ester Minar

DPRD Tolak Pemprov Pinjam Rp 1 Triliun untuk Pengolahan Sampah

Ester Minar

Leave a Comment