KPK akan Bentuk Satgasus Pemburu Buronan, Ini 7 Nama DPO Teratas

0 14

SPcom JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan membentuk Satgas Khusus Pemburu Buronan. Hal ini agar para penyidik bisa lebih fokus dalam menangani kasus-kasus yang ditangani.

“Kita di pimpinan juga telah menginisiasi dan meminta kepada Pak Deputi (Deputi Penindakan KPK Karyoto) mencoba untuk membuat sebuah satgas yang memang fokus melakukan pencarian kepada orang-orang DPO,” ujar Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar, Kamis (21/1/2021).

Sementara Deputi Penindakan KPK, Karyoto menjelaskan, selama ini petugas yang mencari buronan merupakan penyidik kasus yang ditangani.

“Biasanya satgas yang menangani sambil dia menyidik yang lain sambil mencari. Ini untuk efektivitas waktu dan pencarian, KPK akan membentuk satgas khusus,” jelasnya.

Saat ini pihaknya masih menyusun struktur dan anggota satgas pemburu buronan. Di dalam Satgas tersebut juga akan ada ahli IT, tim monitoring dan surveillance.

Ada 7 tersangka yang saat ini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) alias buronan, yaitu:

  1. Eks caleg PDIP Harun Masiku;
  2. Pengendali Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) Sjamsul Nursalim;
  3. Kirana Kotama, tersangka kasus dugaan suap terkait Penunjukan Ashanti Sales Inc sebagai agen eksklusif PT PAL Indonesia (Persero) dalam pengadaan kapal SSV untuk Pemerintah Filipina Tahun 2014-2017;
  4. Itjih Nursalim, tersangka kasus dugaan korupsi penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) terhadap obligor Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI);
  5. Izil Azhar, tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi terkait pembangunan proyek Dermaga Sabang tahun 2006-2011;
  6. Surya Darmadi, tersangka kasus dugaan suap terkait pengajuan revisi alih fungsi hutan di Provinsi Riau kepada Kementerian Kehutanan tahun 2014;
  7. Samin Tan, tersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan terminasi kontrak Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) PT Asmin Koalindo Tuhup di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).(SP)

Leave A Reply

Your email address will not be published.