Paripurna DPR RI Sahkan Listyo Sigit Jadi Kapolri

0 98

SPcom JAKARTA – Secara meyakinkan Komjen Listyo Sigit Prabowo telah disetujui oleh DPR RI untuk menggantikan Jendral Pol Idham Aziz menjadi Kapolri.

Hal ini setelah 342 anggota DPR RI yang hadir dalam rapat paripurna sepakat dengan rekomendasi Komisi III DPR RI sebagai pihak penyelenggara Fit and Proper Test kemarin.

“Apakah laporan Komisi III DPR RI atas hasil uji kelayakan kepada calon kapolri tersebut dapat disetujui?,” tanya Ketua DPR RI Puan Maharani kepada para anggota saat memimpin Rapat Paripurna DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (21/1).

“Setuju,” jawab para wakil rakyat serentak yang lalu dilanjutkan Puan mengetuk palu tanda pengesahan.

Usai sidang, Puan berpesan kepada Sigit agar dapat mewujudkan Polri yang presisi, atau abreviasi dari prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan. Sigit harus melakukan perubahan besar dari aspek SDM, serta mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.

“Kita sudah mendengarkan visi misi calon Kapolri saat uji kelayakan. Ada semangat tranformasi di tubuh Polri,” terangnya.

Puan pun memberikan tiga pekerjaan rumah terkait penegakan hukum, pelayanan publik, dan reformasi internal.

“Penegakan hukum agar ada keadilan restoratif. Penegakan hukum tidak memakai kaca mata kuda, tapi melihat konteks masalah dan memperhatikan aspek-aspek sosial kemasyarakatan,” ujar Puan.

Sementara pelayanan publik harus ditingkatkan, karena fungsi Polisi melayani masyarakat. Di sini penting penggunaan teknologi mengingat keterbatasan personel. “Intinya polisi harus responsif terhadap pengaduan masyarakat,” ucapnya.

Lalu mengenai reformasi internal, lanjutnya, peningkatan kualitas SDM dapat difokuskan pada sikap serta mental anggota Polri agar senantiasa bekerja secara profesional.

Hasil persetujuan DPR RI ini akan dikirimkan ke Presiden RI Joko Widodo, untuk selanjutnya melakukan pelantikan Komjen Listyo Sigit Prabowo.(Timyadi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.