Aparat Gabungan Berhasil Tembak Mati 3 Anggota KKSB Papua

0 292

SPcom JAKARTA – Pasukan gabungan TNI-Polri berhasil menembak mati tiga anggota Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di area Puskesmas Sugapa, Intan Jaya, Papua, Senin (15/2/2021).

Dari rilis Puspen TNI diterangkan, Tim TNI melakukan pengejaran penembak Prada Ginanjar Arianda anggota Satgas Yonif R 400/BR. Saat itu tim bertemu dengan seorang lelaki, dan saat ditanya kemudian ia melarikan diri.

Anggota pun memberikan tembakan peringatan, namun yang bersangkutan terus berlari. Akhirnya tim menembak, dan mengenai tangan lelaki yang belakangan diketahui bernama Janius Bagau. Saat itu ia lolos dengan melompat ke jurang.

Namun tidak berapa lama, tim mendapatkan informasi adanya seorang pria yang mendapatkan perawatan luka tembak di Puskesmas Sugapa. Bergerak cepat tim langsung ke lokasi, dan saat itu ada dua pria lain yang bersamanya.

Mengetahui ada tim gabungan yang datang, ketiganya yang terdesak mencoba merebut senjata dari TNI. Akhirnya, ketiga diberikan tindakan tegas terukur.

Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, membenarkan kejadian tersebut.

“Setelah dicocokkan dengan identitas dan beberapa barang bukti lain seperti surat pernyataan perang oleh KKSB, dipastikan ketiganya merupakan anggota dari KKSB. Selama ini sering melakukan aksi teror dan penyerangan terhadap masyarakat serta aparat keamanan di Sugapa,” jelasnya.

BACA: Lagi, Prajurit TNI Gugur Akibat Ditembak KKSB Papua

Lebih lanjut dikatakan bahwa Janius Bagau dan Januarius Sani keduanya turut menandatangani surat pernyataan perang kepada TNI-Polri beberapa waktu yang lalu. “Sudah dikoordinasikan dengan Pemda setempat untuk pengurusan tiga jenazah KKSB itu,” pungkasnya. (SP)

Leave A Reply

Your email address will not be published.