suryapagi.com
HEADLINEMETRONEWS

Program TP3SR Tak Maksimal, DPRD Tangsel: Evaluasi Dinas LH

SPcom TANGSEL – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Tangerang Selatan (Tangsel) Putri Ayu Anisya ingin Dinas Lingkungan Hidup (LH) Tangsel dievaluasi terkait program pengelolaan sampah warga. Dalam bentuk Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R).

“Kebijakan Pengelolaan sampah berbasis lingkungan dalam bentuk TPS3R Itu tepat, sayangnya realisasinya kurang maksimal. Banyak TPS3R yang mangkrak, ini menjadi evaluasi ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH),” ujarnya, Selasa, (16/3/2021).

Ia meminta, agar Pemerintah Kota tidak hanya terjebak dalam orientasi output saja, asal berdiri atau dibangun.

“Tanpa memikirkan kesinambungan, kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM), model kerjasama dan faktor lainnya,” tutur dia.

Ayu mengatakan, TPS3R yang hidup dan masih berjalan seharusnya dapat dikelola oleh kelompok atau pribadi yang punya minat di lingkungan hidup.

“Perlu adanya revitalisasi kembali TP3SR. Kami mendorong Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tangsel membentuk pemetaan dan evaluasi soal ini,” ucapnya.

Ayu menambahkan, konsep TPS3R ini mengelola sampah dari hulu serta dilakukan secara serentak dengan mendorong kesadaran masyarakat untuk mengubah pola pikir. Seperti memilah sampah yang masih bisa dimanfaatkan, terutama memiliki nilai ekonomi.

“Makanya ada bank sampah, yang tak bisa diolah baru dibuang ke Tempat Pemprosesan Akhir (TPA). Sinergi dengan bank sampah, termasuk output yang bernilai ekonomi disambungkan dengan bisnis misalnya Pupuk,” tandasnya. (Kor)

Related posts

Mara Pauline Lumowa Dituntut 20 Tahun Penjara Atas Kasus Pembobolan Kas BNI

Ester Minar

Wanita Ditikam Lantaran Menolak Pria

Ester Minar

Sering Pergi Tanpa Ijin, Suami Tega Bunuh Istri

Ester Minar

Leave a Comment