suryapagi.com
REGIONAL

Pemkab Jember Terapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

SPcom JEMBER – Masyarakat Jember, Jawa Timur bisa mengakses data informasi terpusat dengan adanya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Wakil Bupati Jember, Muhammad Balya Firjaun Barlaman mengatakan, ini dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang transparan, bersih, dan akuntabel.

“Dari beberapa wilayah ini, agar nanti ada data-data yang sifatnya kesamaan ada. Misalnya tentang statistik, wilayah dan sebagainya,” ujarnya usai Rakor Kedua Pemantauan dan Evaluasi SPBE di Bakorwil V Jember, Rabu (24/3/2021).

Adanya SPBE ini, diharapkan bisa menjadi pemicu bagi daerah-daerah yang masih ada ketertinggalan dengan daerah lain.

“Semisal kota A dan B ini potensi, apa yang kemudian diperlihatkan agar bisa menyamai daerah lain. Ini butuh kecepatan data,” ucapnya.

Ia menyampaikan, terkait pendapatan perkapita, berapa luas sektor pertanian yang ada di masing-masing kabupaten bisa dibandingkan. Termasuk data kemiskinan, Pemkab Jember akan berkoordinasi dengan BKKBN yang rencananya dimulai 1 April hingga 31 Mei 2021.

“Ini data-data hampir sama. Ini kita harapkan menjadi pemicu kita untuk mengkomparasikan, satu dengan yang lain,” jelasnya.

Kedepan ini, akan ada pemutakhiran data, terkait dengan kemiskinan. “Kalau ini tidak ada update data, maka nanti tidak akan tepat sasaran. Begitu juga sebaliknya, akan menimbulkan persoalan di bawah,” ungkapnya.

Maka dari itu, Gus Firjaun menegaskan, harus perlu para parameter kesamaan, Antara BKKBN, BPS, Dinas Kesehatan dan lainnya. Namun tidak semua data bisa diakses, dikhawatirkan disalahgunakan pihak lain.

“Kalau sifatnya umum, nanti akan kita transparansikan,” tandasnya. (Gik)

Related posts

Belasan Terapis dan Pelanggan Telanjang Saat Digrebek

Ester Minar

Pemkab Bengkulu Utara Bagikan Seragam dan Peralatan Sekolah ke Warga

Sandi

Terlilit Utang Judi Online, Karyawan Tewas Gantung Diri

Ester Minar

Leave a Comment