suryapagi.com
KESEHATANRAGAM

Relawan Bisa Donor Darah Lebih Cepat Pasca Vaksinasi Covid-19

SPcom JEMBER – Para relawan pendonor darah kini tidak harus menunggu satu bulan atau empat minggu untuk donor darah pasca menerima vaksin Covid-19.

Berdasarkan surat edaran (SE) pengurus pusat (PP) PMI, para relawan pendonor sudah boleh donor darah setelah 2 minggu menerima vaksin Covid-19. SE itu tertanggal 19 Maret 2021 dengan ditandatangani oleh dr Linda Lukitari Waseso, Ketua Bidang Unit Donor Darah (UDD) PP PMI.

Surat PP PMI Nomor 0337/UDD/III/2021 itu menjelaskan surat tersebut melengkapi surat PP PMI tertanggal 28 Januari 2021 yang menyebutkan donor darah bisa dilakukan setelah 4 minggu sejak vaksin Covid-19 yang kedua.

“Kami sudah menerima surat dari PP PMI yang menyatakan bahwa donor darah dapat dilakukan setelah 2 minggu vaksinasi,” ujar Ketua PMI Kabupaten Jember, Zaenal Marzuki, Sabtu (27/3/2021).

Berdasarkan surat PP PMI tersebut, para relawan pendonor sudah boleh donor darah setelah empat minggu sejak vaksinasi pertama atau dua minggu sejak vaksinasi kedua.

“Dengan aturan baru ini, saya harap segera memulihkan stok darah di UDD PMI Kabupaten Jember,” terangnya.

Bagi pendonor aktif atau orang yang terkena Covid-19, baik yang tanpa gejala atau yang dirawat (gejala sedang/berat/ kritis kemudian sembuh) dapat mendonorkan darahnya setelah 14 hari atau dua minggu dinyatakan sembuh.

Sedangkan bagi yang menjalani perawatan di rumah sakit, dimana selama perawatan menerima transfusi komponen darah dan atau plasma konvalesen (PK) , maka dapat mendonorkan darahnya kembali secara konvensional setelah 3 bulan dinyatakan sembuh.

“Hal ini berlaku baik untuk donor darah konvensional maupuan donor PK apabila titer antibodinya memenuhi persyaratan ,” ujarnya.

Selain itu, penyitas Covid-19, jika sudah sembuh minimal 3 bulan maka layak diberikan vaksin Covid-19. “Kami tentu senang dengan surat ini karena relawan pendonor tidak perlu menunggu lama untuk donoh darah,” tandas Zaenal. (dik)

Related posts

Hapus Foto di Medsos, Rumah Tangga Ridho 2R Dengan Syifa Aisyah Retak?

Ester Minar

Kaesang Pangarep-Erina Gudono Nikah 10-12-2022?

Ester Minar

Keluarga Vanessa dan Bibi Bantah Rebutan Hak Asuh Baby Gala

Ester Minar

Leave a Comment