suryapagi.com
NEWSRAGAMREGIONAL

Seluruh Kantor BRI di Aceh Akan Segera Ditutup, Dialihkan Ke BSI

SPcom ACEH – Bank Rakyat Indonesia (BRI) akan menutup seluruh operasional di Aceh dalam rangka menindaklanjuti penerapan Qanun Lembaga Keuangan Syariah nomor 11 tahun 2018. Semua portofolio dan layanan perbankan bank pelat merah ini dialihkan kepada Bank Syariah Indonesia.

“Alhamdulillah Bank BRI telah mengalihkan seluruh portofolio dan layanan perbankan kepada Bank BRIsyariah,” kata Pemimpin Wilayah Bank BRI Provinsi Aceh Wawan Ruswanto, Selasa (13/4/2021).

Ruswanto mengatakan, BRI telah menerima Izin Prinsip Penutupan 11 Kantor Cabang dan Kantor Wilayah, tetapi masih menunggu Izin Pelaksanaan Penutupan dari OJK Jakarta.

“Setelah mendapatkan Izin Pelaksanaan Penutupan, Bank BRI diberikan waktu 30 hari kerja untuk melaksanakan penutupan operasional kantor,” katanya.

Menurut Ruswanto, proses pengalihan telah berlangsung sejak bulan Juli 2019 dan berakhir pada bulan Desember 2020. Dia menyebutkan, hampir seluruh portofolio pinjaman dan simpanan Bank BRI telah dialihkan. Terdiri dari sekitar 92 persen portofolio pinjaman dan 85 persen portofolio simpanan telah dibuku di Bank BRIsyariah.

Masih terdapat portofolio pinjaman yang tidak dialihkan, antara lain Non Performing Loan dan Hapus Buku dengan jumlahnya sekitar 8 persen dari total pinjaman.

“Ada sebagian kecil debitur yang meminta untuk dibuku di Wilayah Medan dan pinjaman yang masih tersisa selanjutnya akan dikelola Kantor Fungsional BRI sampai dengan selesai atau dialihkan kepada Perusahaan Pengelola Aset,” terang Ruswanto.

Sementara untuk Simpanan, terdapat sekitar 15 persen dari total Simpanan yang belum dapat dialihkan, antara lain Simpanan Rekening Khusus bagi para penerima Bantuan Pemerintah. Sesuai dengan arahan dari Kemenko PMK sebut dia, selanjutnya seluruh Bantuan Pemerintah di Provinsi Aceh tidak akan disalurkan oleh Bank BRI.

OJK: Masih Tersisa 1,4 Juta Nasabah
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Aceh menyebutkan ada sekitar 1,4 juta nasabah konvensional di provinsi tersebut belum migrasi ke Bank Syariah sesuai dengan Qanun Lembaga Keuangan Syariah (LKS). (Sp)

Related posts

Pamer Kemesraan, Ada Apa Dengan Cita Citata dan Didi Mahardika?

Ester Minar

Apa Jawaban Atta Halilintar Soal Tudingan Miring Pernikahannya?

Resiana

Viral! Buruh ‘Mandi’ Beras Bulog, Kepala Gudang Dimutasi

Ester Minar

Leave a Comment