suryapagi.com
NEWSREGIONAL

Peras Korban Ratusan Juta Dengan Modus Loloskan Seleksi TNI, Pria Ditangkap

SPcom PAPUA – Seorang pria berinisial BR (23) ditangkap pihak militer Tentara Nasional Indonesia (TNI) lantaran mengaku bisa meloloskan orang dari seleksi masuk prajurit TNI Angkatan Laut.

Pelaku diringkus prajurit TNI Angkatan Laut dari tim Intelijen Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura.

Berdasarkan keterangan Lantamal X Jayapura, BR merupakan anggota Satpol PP Kabupaten Nabire. Dia ditangkap karena mengaku bisa meloloskan orang dari seleksi calon Bintara dan Tamtama TNI AL.

Dalam pengakuannya, BR memberikan syarat uang suap sebesar Rp200 juta bagi siapa saja yang mau lolos seleksi prajurit TNI AL untuk Panda Jayapura.

Wakil Komandan Lantamal X Jayapura, Kolonel Laut (P) Nanang Hariono menuturkan, aksi BR terbongkar setelah ada laporan dari salah satu korban terkait permintaan uang lolos seleksi prajurit TNI AL.

“Karena merasa curiga, korban melaporkan hal tersebut ke Asintel Danlantamal X yang kemudian memerintahkan Dantim Intel untuk melaksanakan strategi penangkapan terhadap pelaku tersebut,” kata Kolonel Nanang.

Penangkapan BR juga tak sembarangan dilakukan, tim intelijen TNI AL menyiapkan strategi jitu. Jadi si BR dijebak. Korban yang melapor diminta untuk berpura-pura akan memberikan uang Rp200 juta ke BR.

Pertemuan antara BR dan korban pun diatur di RM Tuna Bakar Fatur Entrop, Kota Jayapura. BR pun datang dan langsung disergap intel TNI.

“Pelaku penipuan terkecoh dengan strategi penangkapan yang dilaksanakan oleh Dantim Intel beserta jajaran dengan cara memancing pelaku untuk bertemu korban dengan dalih korban menyanggupi keinginan pelaku,” ujar Kolonel Nanang.

Karena BR warga sipil, TNI menyerahkan proses hukum kasus penipuan itu kepada kepolisian. BR disangkakan Pasal 378 KUHP. (SP)

Related posts

Viral! Sejoli Bobol Kotak Amal Masjid

Ester Minar

Dua Mahasiswa Diduga Bawa Kabur Uang Arisan Senilai Rp 1 Miliar

Ester Minar

Cleaning Service RSUD Ngamuk Hamburkan Sampah Lantaran Gaji Berbulan-bulan Tak Dibayar

Ester Minar

Leave a Comment