suryapagi.com
HEADLINEMETRONEWS

Pasca IKN Ditetapkan, Bamus Betawi 1982 Ajukan Nama Baru Jakarta

SPcom JAKARTA – Setelah proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) kelar, Jakarta tidak lagi menjadi Ibu kota negara Indonesia. Perubahan nama pun mulai diwacanakan untuk Kota Jakarta.

Ketua Bamus Betawi 1982, Zainuddin atau yang akrab disapa Bang Oding menjelaskan, dalam Babad Tanah Jawi sejak tahun 511 masehi tanah ini telah dikenal dengan sebutan Negeri Betawi.

Pada abad XVI Kesultanan Malaka menyebutnya dengan Negeri Betawi Darul Aman dan pada abad XVII Kesultanan Riau Lingga menyebut dengan sebutan Negeri Betawi Darul Masyhur.

“Pada tahun 1527 Fatahillah memberi nama dengan sebutan Fathan Mubina atau Jayakarta,” ujarnya, Sabtu (26/2/2022).

Ia pun mengusulkan dua nama yang dirasa cocok untuk dipertimbangkan, yaitu Provinsi Daerah Khusus Jakarta Raya atau Provinsi Daerah Khusus Jayakarta.

“Jakarta Raya atau Jayakarta memiliki sejarah yang panjang dengan heroisme perjuangannya sampai kemudian jadi Ibu Kota Negara terlama,” terangnya.

Menurutnya, untuk makin melengkapi akselerasi keberadaan masyarakat asli Betawi ke depan, maka sebaiknya otonomi daerahnya berada di tingkat kabupaten dan kota.

“Gubernur dipilih Presiden sedangkan keberadaan DPRD sampai ke tingkat kota dan kabupaten dipilih langsung melaui pileg. Kami akan sampaikan usulan ini ke DPR-RI, Mendagri, Gubernur sampai ke Presiden,” tandas Wantim Golkar DKI Jakarta ini.(Sp)

Related posts

Geger! Mumi Ditemukan di Tas Makanan

Ester Minar

Dinilai Takut Saat Debat Dengan Gibran, Mahfud Buka Suara

Ester Minar

Polisi dan TNI Tangkap Nelayan yang Lakukan Penyelundupan PMI Ilegal

Ester Minar

Leave a Comment