suryapagi.com
MALANG RAYANASIONALNEWS

Kota Batu Menjadi Tuan Rumah W20 Indonesia

SPcom KOTA BATU – Kota Batu menjadi tuan rumah Side Event ke-2 “Women Enterpreneurs as Key to Economic Inclusion” yang digelar 8- 10 Maret 2022 mendatang.

Hal ini diungkapkan Ketua Organizing Committee Women 20 Indonesia 2022, Tantri Djatmika, yang bersama timnya bertemu dengan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, di Balai Kota Among Tani beberapa hari lalu.

Sejumlah destinasi wisata di Kota Batu akan menjadi lokasi side event dalam rangkaian pelaksanaan W20 Indonesia 2022. Pemilihan itu dilakukan untuk memperkenalkan keindahan alam Indonesia kepada dunia khususnya Kota Wisata Batu.

“Pihak kami selaku Organizing Committee Women 20 Indonesia 2022, telah mengadakan pertemuan dengan Wali kota dan beberapa kepala dinas terkait. Rencana tanggal 8 Maret hingga 10 Maret 2022,” ujar Tantri.

Dijelaskan, Kota Batu dijadikan lokasi kegiatan ini karena yang menjadi isu utama dalam acara “Women Enterpreneurs as Key to Economic Inclusion” pada sektor 2, yaitu ekonomi inklusi. Tantri juga secara langsung mengapresiasi Kota Batu karena pelaku UMKM terbanyak adalah wanita (pengusaha wanita).

“Sesuai arahan bapak Presiden sangat mengutamakan pemberdayaan perempuan hal tersebut disampaikan pada event hand over di Italia terutama UMKM,” tandasnya.

“Makanya kenapa langsung kami mengambil sikap kenapa Kota Batu kami andalkan untuk UMKM. Kami memang langsung berbuat sesuatu dan menghubungi ibu wali untuk acara ini sesuai petunjuk SERPA dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan,” tambahnya.

Dipilihnya Kota Batu dan kenapa dilaksanakan maju di awal bulan Maret 2022, pihaknya menjelaskan jika jadwal dimajukan awal Maret karena tanggal 8 Maret adalah Peringatan Women International Day.

Peringatan tersebut akan disaksikan 20 negara termasuk negara anggota PBB. “Dimana kami walaupun adalah organisasi KOWANI yang selalu berhubungan dengan PBB maka kami harus melibatkan mereka,” ucapnya.

Disitulah Celebration Of Women Day harus ada pengesahan baik itu dari working group, chair dan co chair dari W20 dengan chair dari KOWANI dan co chairnya dari public sector yaitu od axiata.

“Itulah yang membuat kami ingin kesungguhan dari pemkot Batu bahwa ini ada event luar biasa karena itu terkait dengan G20 dengan tema Inklusi Ekonomi,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko sangat menyambut baik kedatangan tim Organizing Committee Women 20 Indonesia ke kotanya . Pihaknya berharap kegiatan yang akan berlangsung, bisa terlaksana dengan baik dan lancar.

“Kota Batu akan kedatangan ibu-ibu dari berbagai negara, ini adalah potensi untuk meningkatkan ekspor kita,” ungkap Wali Kota, Rabu (2/3/2022).

Diketahui, agenda G20 dan W20 diharapkan membuat Indonesia semakin dikenal karena keberagamannya, terutama Kota Batu agar menarik kunjungan wisatawan.

Ini merupakan yang pertama kali pelaksanaan W20 terjadi di Kota Batu hingga membuka kesempatan investasi yang didukung dengan program-program yang akan dibentuk selama presidensi. (Putut)

Related posts

Rocky Gerung Tak Hadir Lagi di PN Jakpus, Sidang Ditunda Dua Pekan

Ester Minar

Dihinggapi Lalat, Mayat Bayi Laki-Laki Ditemukan di Dalam Kardus

Ester Minar

Polda Metro Kerahkan 2.348 Personel untuk Amankan Piala Dunia U-17 

Ester Minar

Leave a Comment